• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Tapal Kuda

Bangun Spirit Literasi, SMA NU 1 Bondowoso Luncurkan Buletin

Bangun Spirit Literasi, SMA NU 1 Bondowoso Luncurkan Buletin
Peluncuran Buletin Ar Riyaadh SMA NU 1 Bondowoso guna membangun spirit literasi di sekolah. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
Peluncuran Buletin Ar Riyaadh SMA NU 1 Bondowoso guna membangun spirit literasi di sekolah. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Bondowoso, NU Online Jatim  

Sekolah Menengah Atas (SMA) Nahdlatul Ulama (NU) 1 Bondowoso meluncurkan buletin sekolah dengan nama ‘Ar Riyaadh’. Kegiatan tersebut dipusatkan di mushala sekolah setempat, Jalan Brigjen Katamso, Badean, Bondowoso, Senin (01/11).

 

Proses peluncuran tersebut dilaksanakan saat diadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri 2021 yang juga diisi dengan khatmil qur’an.

 

Komite Sekolah SMA NU 1 Bondowoso, KH Mas'ud Ali menyampaikan, di era saat ini generasi muda hendaknya memiliki karakter yang kuat, melek literasi, serta memiliki inovasi dan kreatifitas.

 

"Bila sudah memiliki hal itu, generasi muda dipastikan akan mampu menghadapi sejumlah problematika yang sedang terjadi," ucapnya.

 

Pengasuh Pondok Riyadus Sholihin itu berharap, agar ke depan Buletin Ar Riyaadh dapat menjadi wadah bagi para siswa dalam menyalurkan minat literasi dan kreatifitasnya.

 

Sementara Kepala Sekolah SMA NU 1 Bondowoso, Megawati menjelaskan, bahwa buletin ini lahir dari spirit guru dan siswa dalam memperingati Hari Santri dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

Tujuannya adalah sebagai upaya SMA NU 1 Bondowoso membangun budaya literasi pada siswa. Sehingga, diharapkan lahir generasi-generasi yang melek literasi untuk pendidikan dan peradaban NU ke depan.

 

Menurutnya, nama Ar Riyaadh sendiri dicetuskan saat momentum Hari Sumpah Pemuda pada Kamis (28/10) kemarin. "Jadi besar harapan kami, semangat atas lahirnya buletin perdana ini memantik untuk istiqamah membangun budaya literasi," tuturnya.

 

Ia berharap, nantinya buletin ini dapat berkembang menjadi majalah, agar semakin banyak menampung banyak karya siswa. Sehingga budaya literasi, khususnya membaca dan menulis terus membumi di SMA NU 1 Bondowoso.

 

“Buletin Ar Riyaadh hadir dalam dua versi, yakni cetak dan digital. Buletin yang berjumlah 12 halaman ini pada edisi perdana ini mengangkat tema ‘Santri, Pendidikan, dan Digitalisasi’,” jelasnya.

 

Sebagai info, buletin Ar Riyaadh tersebut bisa diakses melalui link berikut: https://drive.google.com/file/d/19BEfHm8ywVFSd0YMXWx8L9rs-0NTpKr6/view.


Tapal Kuda Terbaru