• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Tapal Kuda

Gemasnya ‘Banser Cilik’ di Banyuwangi saat Nyanyi Yalal Wathan

Gemasnya ‘Banser Cilik’ di Banyuwangi saat Nyanyi Yalal Wathan
Ratusan 'Banser Cilik' dari TK Khodijah 87 Kalibaru, Banyuwangi setiap pagi menyanyikan mars Yalal Wathan. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah)
Ratusan 'Banser Cilik' dari TK Khodijah 87 Kalibaru, Banyuwangi setiap pagi menyanyikan mars Yalal Wathan. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Pemandangan cukup menggemaskan tersaji kala ratusan ‘Banser Cilik’ dengan fasih menyanyikan mars Syubbanul Wathan atau yang populer dengan Yalal Wathan. Banser cilik tersebut merupakan siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) Khodijah 87 Kalibaru, Banyuwangi yang bernyanyi Yalal Wathan dengan berseragam loreng ala Banser.

 

Kepala TK Khodijah 87, Juminah memaparkan bahwa hal tersebut merupakan kegiatan rutin setiap pagi yang dilakukan sejak tiga tahun yang lalu. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memupuk kecintaan kepada tanah air sejak dini.

 

“Selain itu, agar anak-anak tidak hanya pandai menyanyikan lagu yang sedang viral saja, tapi juga fasih dengan lagu-lagu islami,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Kamis (13/10).

 

Ia menambahkan, saat ini anak didiknya telah cukup fasih menyanyikan lagu ciptaan muassis NU KH Abdul Wahab Hasbullah tersebut. Bahkan, kala menyanyikan Yalal Wathan ia sangat antusias dan semangat.

 

Menurut Juminah, TK Khodijah 87 merupakan satu-satunya taman pendidikan anak di Kecamatan Kalibaru yang bernaung di bawah Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Kabupaten Banyuwangi.

 

"TK ini berdiri sejak tahun 1985 dan diprakarsai oleh para ulama setempat dan dinakhodai oleh Ibu Hj Siti Hamidah," jelas perempuan yang diamanahi pimpinan TK Khodijah 87 sejak tahun 2002.

 

Selain menyanyikan Yalal Wathan, Banser Cilik TK Kodijah 87 tersebut juga dibiasakan membaca asmaul husna, surat pendek, doa sehari-hari, tahlil, istighotsah dan lainnya sebagainya.

 

“Hal ini dilakukan di pagi hari sesaat sebelum dimulainya pelajaran," kata Juminah.

 

TK Khodijah 87 sendiri merupakan sekolah yang memiliki banyak prestasi. Baik prestasi yang didapat oleh lembaga sekolah, ataupun yang diraih oleh anak didiknya. Prestasi yang diukir tersebut mulai dari tingkat kecamatan hingga provinsi.

 

Di antara prestasi tersebut adalah juara 1 lomba finger print tingkat Provinsi Jatim tahun 2018, juara 1 lomba festival lagu jadul TK se-Kabupaten Banyuwangi, dan segudang prestasi lainnya. Untuk lembaga sekolah, pernah meraih juara 3 lomba gugus se-Kabupaten Banyuwangi tahun 2019.


Tapal Kuda Terbaru