• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Tapal Kuda

Gerak Cepat, NU Pasuruan Gelar Rakor Pembentukan Satgas GKMNU

Gerak Cepat, NU Pasuruan Gelar Rakor Pembentukan Satgas GKMNU
Sosialisasi program GKMNU oleh PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Makhfud Syawaludin)
Sosialisasi program GKMNU oleh PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Makhfud Syawaludin)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Gerakan Keluarga Maslahah Nahdlatul Ulama (GKMNU) dan Kader Kemaslahatan Keluarga.


Rakor ini dipusatkan di Aula KH Achmad Djufri, Graha PCNU setempat di Jl Raya Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek yang dihadiri oleh perwakilan Badan Otonom (Banom) dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat, Kamis (06/07/2023).


"Pembentukan Satgas GKMNU di tingkat kecamatan ini seperti membuat jaringan pipa air untuk rumah-rumah agar merata dan tepat sasaran," ujar Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin kepada NU Online Jatim, Kamis (06/07/2023).


Gus Ipong sapaan akrabnya mengatakan, 6 dimensi dari program GKMNU yakni Relasi Maslahat, Keluarga Sejehtera, Keluarga Sehat, Keluarga Terdidik, Keluarga Moderat, dan Keluarga Cinta Alam.


"Setiap dimensi itu ada beragam kegiatannya. Melalui satgas, pelaksanaannya dapat menyentuh keluarga Nahdliyin secara maksimal," ungkap salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Besuk Pasuruan itu.


Gus Ipong juga menyebutkan, tugas dan fungsi satgas tingkat MWCNU dimulai dengan menfasilitasi pelaksanaan kegiatan, kemitraan, dan pelaporan GKMNU.


"Satgas tingkat MWCNU terdiri dari 9 orang yakni perwakilan dari MWCNU, Ansor, Fatayat, Muslimat, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), serta 3 tokoh masyarakat," paparnya.


Untuk diketahui, sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi program GKMNU Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang disampaikan oleh Ketua Satgas Nasional GKMNU, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut untuk wilayah Provinsi Jawa Timur di Surabaya pada Rabu (07/06/2023).


Tapal Kuda Terbaru