• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Tapal Kuda

Harapan Ketua Pergunu Kota Probolinggo di Hari Guru Nasional

Harapan Ketua Pergunu Kota Probolinggo di Hari Guru Nasional
Ketua PC Pergunu Kota Probolinggo, H Samsul Anam. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
Ketua PC Pergunu Kota Probolinggo, H Samsul Anam. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Probolinggo, H Samsul Anam mengajak agar di momentum Hari Guru Nasional pada Jum’at (25/11/2022) ini guru-guru NU dapat meningkatkan kompetensinya. Mengingat, zaman saat ini sudah berkembang sedemikian pesat.


“Guru-guru NU dan pendidik lainnya tidak boleh malu untuk meningkatkan kompetensinya agar tidak tergerus era digitalisasi," ujarnya kepada NU Online Jatim, Jum’at (25/11/2022).


Pernyataannya tersebut cukup beralasan karena guru atau pendidik di era saat ini dituntut menguasai teknik pembelajaran melalui digitalisasi. Apalagi, lanjutnya, tugas guru selain untuk mendidik juga diharapkan dapat mentransfer ilmu kepada generasi anak bangsa.


Untuk itu, pihaknya berkomitmen akan terus melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) guru khususnya di Kota Probolinggo. Di antaranya, yakni dengan memfasilitasi guru-guru NU pemahaman tentang prinsip-prinsip pendidikan dan teknologi digital.


"Tentunya, mereka akan dibekali dengan berbagai keterampilan pembelajaran dari berbagai aspek, serta bekal khusus tentang keaswajaan,” ucapnya.


Dirinya menyebutkan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang pandai menghargai jasa para pahlawan. Menurutnya, di antara pahlawan tersebut ialah guru yang disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.


"Karenanya, di hari guru ini hendaknya kita dapat mengingat perjuangan guru, terutama di daerah terpencil yang banyak kekurangan fasilitas dan transportasi. Tapi karena keikhlasannya ia tetap berjuang tanpa lelah dalam mengabdi untuk mencerdaskan anak bangsa," katanya.


Di momentum Hari Guru Nasional tersebut dirinya berharap agar para guru terlindungi dan meningkat kesejahterannya. “Selamat Hari Guru Nasional, semoga melalui hari guru ini kehormatan guru semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru