• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Matraman

Tak Cukup Berbagi Ilmu, Guru juga Perlu Transfer Etika

Tak Cukup Berbagi Ilmu, Guru juga Perlu Transfer Etika
Ilustrasi guru dan murid. (Foto: Tebuireng Online)
Ilustrasi guru dan murid. (Foto: Tebuireng Online)

Jombang, NU Online Jatim
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Jombang, H Mokh Fakhruddin Siswopranoto menyampaikan, guru selain bertugas untuk berbagi ilmu pengetahuan, ia yang berfungsi untuk melakukan transfer etika ataupun adab kepada anak didiknya. Hal itu disampaikan saat momentum Hari Guru Nasional pada Jum’at (25/11/2022).


"Tugas guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, tapi juga nilai-nilai karakter dan akhlak mulia atau etika,” ujarnya dilansir NU Online Jombang.


Ia mengatakan, guru merupakan sosok teladan yang hendaknya dihormati jasa-jasanya. Ketulusan hati dan doa-doa sosok guru akan menjadi bagian penting kesuksesan seseorang di masa hidupnya.


"Oleh karenanya, sosok guru adalah orang mulia dan wajib dimuliakan. Kalau ingin ilmu kita manfaat, maka muliakanlah guru," jelasnya.


Dirinya berharap, agar pemerintah terus memperhatikan sumbangsih guru dalam mencerdaskan generasi anak bangsa. Guna mencapai hal itu, lanjutnya, diperlukan sinergi dan kolaborasi yang baik dari semua pihak.


“Hal tersebut tidak lain agar kontribusi ataupun jasa mendapatkan apresiasinya yang sepadan dan bisa menjamin masa depannya ke arah yang lebih baik,” katanya.


Pihaknya mendorong agar bisa melayani para guru untuk selalu responsif terhadap perubahan zaman, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dinamika pendidikan yang terus mengalami kemajuan.


"Peningkatan kompetensi guru juga menjadi penekanan dan perhatian tersendiri yang perlu dilakukan. Revitalisasi guru baik dari segi profesionalisme maupun kesejahteraan harus terus diperhatikan," pungkasnya.


Matraman Terbaru