• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Matraman

Pergunu Jombang Usul Pendidikan ala Mbah Hasyim Dikenalkan di Seluruh Sekolah

Pergunu Jombang Usul Pendidikan ala Mbah Hasyim Dikenalkan di Seluruh Sekolah
Pengurus Pergunu Jombang saat audiensi dengan Bupati Mundjidah Wahab. (Foto: NU Online)
Pengurus Pergunu Jombang saat audiensi dengan Bupati Mundjidah Wahab. (Foto: NU Online)

Jombang, NU Online Jatim

Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Jombang melakukan audiensi dengan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab di Pendopo Kabupaten pada Kamis (10/06/2021). Di forum itu lahir sejumlah gagasan yang bermanfaat terutama pada keberlanjutan perjuangan NU.

 

"Pergunu mengusulkan kepada bupati agar dalam masa orientasi siswa, dikenalkan metode pendidikan ala Kiai Hasyim Asy'ari," kata Ketua Pergunu Jombang H Syamsul Arifin, dikutip dari NU Online, Jumat (11/06/2021).   

 

Sebagaimana diketahui, Kiai Hasyim Asy'ari dalam hal kependidikan menyusun kitab yang berisi etika atau akhlak mendidik, dan sekaligus akhlak para peserta didik. Kitab dimaksud ialah Adabul 'Alim wal Muta'allim.

 

"Tim kajian pemikiran pendidikan ini sudah lama berproses dan sering mengadakan pertemuan untuk kajian dan pematangan konsep kependidikan Kiai Hasyim Asy'ari," ujar doktor alumni IAIN Sunan Ampel Surabaya ini.   

 

"Pergunu, di samping melatih dan membimbing siswa-siswa baru untuk mengenali metode kependidikan Kiai Hasyim Asy'ari, juga siap mengadakan ToT (training of trainer) bagi guru-guru. Selanjutnya guru yang dilatih akan melatih para siswa," imbuh Syamsul.   

 

Pergunu, lanjut dia, sudah membentuk tim kajian pemikiran Kiai Hasyim Asy'ari. Tim ini melibatkan para kiai muda dari Aswaja NU Center, PCNU Jombang, di samping tim atau trainer dari Pergunu Jombang sendiri.  

 

Bupati Mundjidah merespons baik usulan tersebut. Bahkan, menurutnya, pengenalan nilai kependidikan para muassis NU bukan hanya di masa orientasi siswa baru, tapi juga menyatu dalam pembelajaran.  

 

"Sebenarnya tidak hanya pada masa pengenalan siswa baru, tapi juga dalam seluruh pembelajaran," ujarnya.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru