• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Matraman

Ponpes Tebuireng Larang Santri dari Zona Merah Kembali ke Pondok

Ponpes Tebuireng Larang Santri dari Zona Merah Kembali ke Pondok
Pintu masuk Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. (Foto: Istimewa).
Pintu masuk Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. (Foto: Istimewa).

Jombang, NU Online Jatim

Pasca lonjakan kasus di Kabupaten Bangkalan, Pondok Pesantren Tebuireng Jombang untuk sementara waktu melarang pengurus atau santri dari Madura kembali ke pesantren.

 

Larangan tersebut tidak hanya berlaku untuk mereka yang dari Madura, tapi juga berlaku bagi mereka yang berasal dari zona merah lainnya, seperti Kudus. Pihak pesantren baru membolehkan mereka kembali saat kondisi di wilayah tersebut benar-benar melandai.

 

"Lebih baik mengantisipasi. Karena itu yang dari zona merah, seperti Kudus dan Bangkalan, jangan balik dulu," kata Mudzir Pesantren Tebuireng, KH Lukman Hakim, Kamis (10/6/2021), dilansir jatim.inews.id.

 

Kiai Lukman mengatakan, pada libur Hari Raya Idul Fitri lalu, para santri dan pengurus telah pulang ke daerahnya masing-masing. Mereka dijadwalkan akan kembali ke pesantren bulan Juni ini.

 

“Namun, melihat kondisi kasus Covid-19 di beberapa daerah yang makin parah, pengurus dan santri dari daerah tersebut dilarang kembali dulu,” imbuhnya.

 

Diketahui bahwa jadwal kembali Pondok Pesantren Tebuireng Jombang bagi pengurus dijadwalkan pada tanggal 10 Juni. Sedang untuk santri baru pada tanggal 24 Juni mendatang.

 

“Tetapi, yang dari Bangkalan, Kudus, dan lainnya sementara kami larang. Sampai situasinya aman," kata Kiai Lukman. 

 

Lukman mengatakan, larangan dikeluarkan bukan untuk mendiskriminasi mereka yang dari zona merah. Melainkan untuk mendukung upaya pemerintah agar penularan Covid-19 tidak semakin meluas.


Matraman Terbaru