• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Tapal Kuda

Hari Libur, Pelajar NU di Probolinggo Belajar Budidaya Jamur Tiram

Hari Libur, Pelajar NU di Probolinggo Belajar Budidaya Jamur Tiram
Kader IPNU-IPPNU Krejengan, Kabupaten Probolinggo saat belajar budidaya jamur tiram di di Dusun Semar, Desa Rawan, Ahad (06/12/2020). (Foto: Istimewa).
Kader IPNU-IPPNU Krejengan, Kabupaten Probolinggo saat belajar budidaya jamur tiram di di Dusun Semar, Desa Rawan, Ahad (06/12/2020). (Foto: Istimewa).

Probolinggo, NU Online Jatim

Hari libur tidak mematahkan semangat para kader pelajar Nahdlatul Ulama (NU) yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di wilayah Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo untuk terus berproses.

 

Sesuai dangan semboyan organisasi para pelajar muda itu, yaitu belajar, berjuang, bertaqwa, kader muda NU tersebut pada akhir pekan kemarin memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar tentang Budidaya Jamur Tiram, Ahad (06/12/2020).

 

Mereka mendatangi satu-satunya Rumah Budidaya Jamur Tiram di Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo yang terletak di Dusun Semar, Desa Rawan, yaitu Mahkota Jamur Semar. "Mahkota Jamur Semar ini merupakan binaan CSR PT POMI," kata Ahmad Faiz, owner rumah jamur tersebut.

 

Wirausahawan muda yang juga merupakan kader NU Kecamatan Krejengan itu mengaku tidak keberatan jika Rumah Jamur yang sudah ia kelola selama kurang lebih dua tahun ini sering didatangi oleh masyarakat sekitar. Tidak terkecuali kader IPNU yang ingin tahu dan berniat ingin mengembangkan usaha serupa di rumah masing-masing.

 

"Saya benar-benar ingin pengurus atau kader-kader NU, khususnya di wilayah Kecamatan krejengan, memiliki usaha mandiri. Seperti Budidaya Jamur Tiram ini," terangnya saat dihubungi via sambungan seluler.

 

Sebagai tuan rumah, Ahmad Faiz berharap agar kedatangan kader IPNU-IPPNU itu tidak berhenti sekali saja. "Saya siap kapan pun jika dibutuhkan oleh kader IPNU IPPNU terkait dengan budiddaya jamur tiram ini," katanya penuh semangat.

 

Menurut Nur Aini Fatimatus Zahra, Ketua PAC IPPNU Kecamatan Krejengan, setelah sharing berkunjung ke rumah jamur banyak ilmu yang didapat kader IPNU-IPPNU tentang budidaya jamur tiram.

 

"Kami mendapatkan ilmu baru tentang budidaya jamur tiram di sini, di mana kita mengetahui langkah apa saja yang dilakukan untuk pembuatan jamur tiram. Dan pelatihan budidaya jamur tiram akan berlanjut hingga mengetahui langkah demi langkah selanjutnya," jelasnya.

 

 

Ketua PAC IPNU Kecamatan Krejengan, Ahmad Muzakki mengungkapkan, kedatangan rombongan sepuluh kader itu agar dapat memahami serta mempraktekkan di rumah masing-masing sebagai salah satu upaya dalam kemandirian ekonomi kader.

 

Penulis : Khairul Umam

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru