• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Tapal Kuda

Haul Mbah Hamid, Alumni Ngaji Bareng Gus Baha

Haul Mbah Hamid, Alumni Ngaji Bareng Gus Baha
KH Bahaudin Nur Salim atau Gus Baha. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
KH Bahaudin Nur Salim atau Gus Baha. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Untuk menyambut haul KH Abdul Hamid Pasuruan ke-40, Ikatan Alumni Santri Salafiyah (Iksas) dan Himpunan Alumni Bayt Al-Hikmah (Himmah) menggelar Ngaji kitab Risalah Ahlussunah wal Jamaah pada Jumat (15/10). Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan.

 

KH Bahaudin Nur Salim atau Gus Baha mengatakan, orang itu tidak boleh terlalu serius dalam mempertahankan Ahlussunnah wal Jamaah, karena serius itu memancing perlawanan.

 

"Nabi ngendikan agama ini idiologinya mantep, maka menghadapinya harus dengan rileks. Analoginya 2+2 = 4 apakah perlu itu diperdebatkan, karena itu kebenaran yang mantep. Jadi, kalian tidak perlu mati-matian membela Ahlussunah wal Jama'ah sampai memunafikan orang lain. Jadi, kalau sekarang menjadi idiologi yang mengancam bukan mengayomi," ujarnya.

 

Gus Baha juga menjelaskan mengapa sanad itu penting karena di situ ada kaidah ilmu dan itulah ciri Ahlussunah wal Jamaah.

 

"Jika kita tidak memiliki sanad kata-kata dalam Al Qur'an dan Hadist itu tidak bisa diartikan oleh orang biasa, harus pakar usul fiqh yang mengartikan," ujarnya.

 

Dalam pantauan NU Online Jatim, para alumni disambut dengan pameran karya santri dan guru Bayt Al-Hikmah. Di antaranya ada buku Butiran Kisah KH Abdul Hamid, Ngopi Dulu Dik, My Pession My Career My Guidance, Puisi Rakyat, dan Langkah Awal Cerita di Balik Pesantren.

 

Selain itu, dalam acara tersebut juga disediakan donor darah dan vaksin gratis bagi yang belum vaksin. Vaksinasi ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pasuruan.

 

Penulis: Mokh Faisol


Editor:

Tapal Kuda Terbaru