Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Kader IPNU-IPPNU di Pasuruan Diajari Tata Kelola Administrasi

Kader IPNU-IPPNU di Pasuruan Diajari Tata Kelola Administrasi
Kader PR IPNU-IPNU se-Wonorejo, Kabupaten Pasuruan diajari tata kelola administrasi. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Kader PR IPNU-IPNU se-Wonorejo, Kabupaten Pasuruan diajari tata kelola administrasi. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Tata kelola administrasi dalam organisasi merupakan hal penting. Oleh karenanya, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Wonorejo mengadakan Ngaji Administrasi. Kegiatan dipusatkan di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Ahad (10/10/2021).

 

Kegiatan tersebut diikuti seluruh Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU se-Kecamatan Wonorejo. Adapun narasumbernya terdiri dari masing-masing Sekretaris PAC IPNU-IPPNU Wonorejo, yaitu Ali Wafa untuk IPNU dan Ikfina Ifadah untuk IPPNU.

 

Ketua PAC IPPNU Wonorejo, Wanda Maulidiana mengatakan, sebuah organisasi dapat dikatakan maju apabila tertib administrasi. Karena dengan administrasi yang baik dapat memantau program kerja serta data-data kegiatan yang sudah dilaksanakan.

 

“Selain itu, administrasi yang rapi sangat membantu dalam menyusun program lanjutan agar ke depannya kita mampu meningkatkan kinerja di organisasi,” ujarnya.

 

Wanda memaparkan, bahwa yang melatarbelakangi Ngaji Administrasi ini adalah minimnya penguasaan administratif oleh Pimpinan Ranting (PR). Disebutkan, bahwa kegiatan ini merupakan tahap awal dalam proses ngaji administrasi.

 

“Makanya, hal pertama yang ditekankan masih seputar format atau aturan penulisan surat yang tepat. Untuk pelatihan berikutnya mungkin bisa dilanjutkan dengan penulisan Surat Keputusan, Surat Mandat dan sejenisnya,” ungkapnya.

 

Namun, menurut Wanda, administrasi bukan sekadar perihal surat menyurat. Lebih dari itu administrasi juga memegang peranan penting dalam mewujudkan tujuan organisasi yang telah ditetapkan secara efisien dan efektif.

 

“Melalui adanya Ngaji Administrasi ini, semoga secara perlahan bisa memperbaiki dan menertibkan administrasi di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU se-Wonorejo,” pungkasnya.

 

Penulis: Rahma Salsabila

Terkait

Tapal Kuda Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini