Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

IPNU-IPPNU Ngawi Sukses Klasterisasi 19 PAC

IPNU-IPPNU Ngawi Sukses Klasterisasi 19 PAC
Proses klasterisasi oleh PC IPNU-IPPNU Ngawi kepada kepengurusan PAC di Zona Ngawi Barat. (Foto: NOJ/ Dewi Ni'mah)
Proses klasterisasi oleh PC IPNU-IPPNU Ngawi kepada kepengurusan PAC di Zona Ngawi Barat. (Foto: NOJ/ Dewi Ni'mah)

Ngawi, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Ngawi menyelenggarakan klasterisasi pada 19 Pimpinan Anak Cabang (PAC) di bawahnya. Kegiatan ini dilaksanakan di masing-masing zona yang sudah dibagi sebelumnya, yaitu Zona Ngawi Timur, Zona Ngawi Tengah, dan Zona Ngawi Barat.

 

Wakil Ketua Bidang Organisasi PC IPNU Ngawi, Halfian Imam Muttaqin menuturkan, bahwa klasterisasi tersebut bertujuan untuk mengumpulkan data yang valid terkait progres dan perkembangan kepengurusan IPNU-IPPNU setempat.

 

“Selain itu juga terkait database kader masing-masing PAC juga agar diketahui,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (10/10/2021).

 

Disebutkan, dalam klasterisasi tersebut terdapat empat parameter yang digunakan untuk penilaian. Di antaranya, jumlah penduduk Muslim, jumlah sekolah Nahdlatul Ulama (NU), dukungan dari stakeholder dan majlis alumni, serta letak geografis setiap Pimpinan Anak Cabang.

 

Ia menambahkan, nantinya PC IPNU-IPPNU Ngawi akan mengeluarkan surat keputusan yang memuat hasil dari klasterisasi tersebut. Setiap PAC nantinya akan dikelompokkan menjadi tiga klaster, sesuai dengan hasil penilaian dari klasterisasi tersebut.

 

“Klasterisasi ini bukan untuk mendiskriminasi PAC yang berada di klaster bawah, namun agar yang berada di klaster bawah mendapatkan prioritas dalam hal pendampingannya,” ungkapnya.

 

Dikatakan, secara bergiliran masing-masing zona dilakukan klasterisasi. Dimulai dari Zona Ngawi Timur pada Ahad (26/09/2021) lalu, yang meliputi PAC IPNU-IPPNU Padas, Pangkur, Bringin, Kasreman, Karangjati, dan Kwadungan. Kegiatan dipusatkan di sekretariat PAC IPNU-IPPNU Karangjati.

 

Pekan selanjutnya disusul Zona Ngawi Tengah yang terdiri dari PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Jogorogo, Kendal, Gerih, Geneng, Pitu, Ngawi, dan Paron. Kali ini, kegiatan dipusatkan di Rumah Belajar IPNU-IPPNU Kecamatan Pitu, Ngawi, Ahad (03/10/2021).

 

Proses klasterisasi terakhir menyasar Zona Ngawi Barat yang dipusatkan di MI Ma’arif Pelang Lor, Kedunggalar, Ngawi, Ahad (10/10/2021). Klasterisasi di zona ini meliputi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Karanganyar, Mantingan, Widodaren, Sine, Ngrambe, dan Kedunggalar.

 

“Semoga ikhtiar yang telah kami lakukan ini bermanfaat untuk semuanya, serta IPNU-IPPNU di Ngawi semakin maju dalam berkhidmat,” pungkasnya.

 

Penulis: Dewi Ni’mah

Terkait

Matraman Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini