Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Khusyuknya Maulid Nabi dan Haul Rais NU Pasuruan Pertama

Khusyuknya Maulid Nabi dan Haul Rais NU Pasuruan Pertama
Maulid Nabi dan Haul Rais Syuriyah NU Pasuruan pertama di Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
Maulid Nabi dan Haul Rais Syuriyah NU Pasuruan pertama di Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Haul ke-78 KH Chuzaimi bin Syihab, Rais Syuriyah Pasuruan pertama, digelar bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Madrasah Nahdlotul Waton Kota Pasuruan, Selasa (12/10/2021). Kegiatan berlangsung sangat khidmat dan khusyuk.

 

Acara ini di buka dengan Maulid Habsyi yang dipimpin oleh habib Achmad bin Abdullah dan dilanjutkan dengan istighatsah yang dipimpin oleh KH Halim Mas'ud, Rais Syuriyah PCNU Kota Pasuruan.

 

Gus Khuzumi selaku cucu dari KH Chuzaimi bin Syihab mengatakan bahwa Kiai Chuzaimi bukan hanya seorang ulama, tetapi seorang Hizbullah yang memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia, khususnya di Pasuruan, yang sangat gigih dan bersemangat menentang para penjajah khusus Jepang.

 

"Bukan hanya Hizbullah, Kiai Chuzaimi adalah salah satu Rais Syuriyah PCNU Pasuruan pertama. Jadi, sebelum Pasuruan pecah menjadi tiga PCNU, KH Chuzaimi adalah Rais Syuriahnya," ujar kepala Madrasah Nahdlotul Wathon tersebut.

 

Salah satu peninggalan Kiai Chuzaimi adalah madrasah Nahdlotul Wathon, yakni madrasah tertua di Kota Pasuruan.

 

"Beliau tetap giat mempertahankan ajaran Wali Songo meskipun dulu belajarnya Makkah yang berpaham Wahabi, beliau tetap melestarikan amalan-amalan yang diajarkan pendahulunya tersebut seperti tahlilan dan ziarah kubur," ujarnya.

 

Sementara itu, KH Husen Ilyas asal Mojokerto dalam mauidzah hasanahnya mengatakan bahwasanya syafaat Nabi Muhammad SAW bukan hanya di akhirat, tapi di dunia pun bisa dirasakan.

 

Penulis: Mokh Faisol

Terkait

Tapal Kuda Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini