• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Tapal Kuda

Inovatif, MDS Rijalul Ansor di Bondowoso Gelar Ngaji Kitab Virtual

Inovatif, MDS Rijalul Ansor di Bondowoso Gelar Ngaji Kitab Virtual
Kajian kitab kuning PAC GP Ansor Sukosari, Bondowoso yang digelar secara virtual. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi).
Kajian kitab kuning PAC GP Ansor Sukosari, Bondowoso yang digelar secara virtual. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi).

Bondowoso, NU Online Jatim

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tidak mengurangi semangat Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso untuk terus istiqomah menjalankan roda organisasi.

 

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya kajian kitab kuning virtual setiap Jum’at manis. Adapun kitab yang dikaji adalah kitab Hujjah Ahlussunnah wal Jama'ah karangan Syaikh KH Ali Maksum, yang diampu oleh Kiai Muhammad.

 

Kegiatan yang dikoordinatori oleh pengurus Majelis Dzikir dan Shalawat  Rijalul Ansor (MDSRA) ini dilakukan dengan live streaming di Youtube dan Facebook. Hal tersebut untuk menghindari kerumunan di kediaman Syaifurrohman Desa Nogosari, Sukosari, Bondowoso, sebagai pusat pengajian.

 

Ketua PAC Ansor Kecamatan Sukosari, Karimullah Izad menjelaskan, kajian kitab kuning ini sudah menjadi program kerja GP Ansor Sukosari. Kegiatan rutin tersebut mesti dilakukan, meski dengan konsep yang berbeda mengingat sedang dalam masa PPKM Darurat.

 

"Kajian kitab ini tetap istiqomah kami laksanakan, meskipun secara virtual,” katanya, Senin (12/07/2021).

 

Berdasarkan pengakuan Karimullah, kegiatan tersebut mendapatkan banyak apresiasi positif dan masyarakat. Hal tersebut karena meski sedang masa pandemi dan PPKM Darurat, Ansor Sukosari tetap istiqomah berkegiatan, meski secara virtual.

 

“Alhamdulillah, banyak yang mendukung dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini,” imbuhnya.

 

Ia pun berharap, dengan terlaksananya kegiatan tersebut dapat menjadi bukti perjuangan dan pengabdian GP Ansor terhadap NU, serta mendapat barokah dan muassis NU.

 

“Semoga kita semua mendapat aliran barokah dari muassis NU. Amin,” harapnya.

 

Sebelum kajian dimulai, kegiatan diawali dengan pembacaan tawassul dan istighotsah an-nahdliyah. Hal tersebut supaya mendapatkan barokah dan Covid-19 segara sirna.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru