• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

IPNU-IPPNU Banyuwangi Gelar Lomba Agung 17 Agustus

IPNU-IPPNU Banyuwangi Gelar Lomba Agung 17 Agustus
Pembukaan Lomba Agung 17 Agustus oleh PC IPNU-IPPNU Banyuwangi. (Foto: NOJ/ Vina Yunda Safitri)
Pembukaan Lomba Agung 17 Agustus oleh PC IPNU-IPPNU Banyuwangi. (Foto: NOJ/ Vina Yunda Safitri)

Banyuwangi, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Banyuwangi menggelar Lomba Agung 17 Agustus. Kegiatan yang akan dipusatkan di ITS NU Banyuwangi tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI dan 1 Abad NU.


"Lomba ini selain untuk memeriahkan HUT ke-77 RI juga sebagai wujud patriotisme pelajar NU Banyuwangi. Hal itu mengingat sebelumnya sudah digalakkan 100 pendirian Pimpinan Komisariat (PK) dan pembentukan 100 Pelajar Penggerak dalam menyambut 1 abad NU," tutur Imam Mutaji, Ketua PC IPNU Banyuwangi, Rabu (03/08/2022).


Ia mengatakan, bahwa Lomba Agung tersebut melibatkan peserta dari seluruh lembaga dan badan otonom NU di Banyuwangi, mulai dari tingkat cabang sampai ranting. Bahkan, akan diikuti pula peserta umum perwakilan sejumlah komunitas di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.


Dirinya menambahkan, pendaftaran lomba tersebut dilakukan secara online dan offline, yakni dengan mendatangi langsung Aula Kantor PCNU Banyuwangi. Adapun pendaftarannya semula dimulai sejak tanggal 25 Juli 2022 sampai 30 Juli 2022. Namun, pendaftaran diperpanjang hingga 4 Agustus 2022.


"Pelaksanaan lomba agung ini pada tanggal 1, 7, 14, dan 17 Agustus 2022. Kick off dimulai pada 1 agustus 2022 yang dibuka dengan apel upacara, sedang puncaknya pada tanggal 17 Agustus," jelasnya.


Sementara itu, Sekretaris PC IPPNU Banyuwangi Endah Kholifatuz mengatakan, jenis perlombaan yang akan dilaksanakan meliputi, slodoran, tarik tambang, sepak bola, bola voli, makan kerupuk, gigit koin, dan lomba dakon.


"Lomba Agung ini perdana dilakukan oleh PC IPNU-IPPNU Banyuwangi,” katanya.


Dirinya menyebutkan, bahwa lomba ini cukup unik karena jenis lomba yang dilaksanakan merupakan permainan tradisional. Hal itu karena spirit kegiatan ini untuk merawat budaya di tengah era revolusi industri saat ini.


“Bahkan, lomba ini tidak dilakukan batas usia peserta. Semua warga bisa mengikutinya, baik tua ataupun muda," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru