• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Tapal Kuda

KH Zainudin Zuhri, Perintis Pendidikan Formal Pertama di Ujung Kabupaten Jember

KH Zainudin Zuhri, Perintis Pendidikan Formal Pertama di Ujung Kabupaten Jember
KH Zainudin Zuhri. (Foto: NOJ/MH)
KH Zainudin Zuhri. (Foto: NOJ/MH)

Jember, NU Online Jatim

KH Zainudin Zuhri, salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di ujung utara Kabupaten Jember, tepatnya di Kecamtan Jelbuk. Ia lahir pada tanggal 03 Februari 1953 di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, dari pasangan Abdus Syakur dan Satinem.

 

Kiai Zainuddin pernah menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Assunniyah Kencong pada tahun 1968 hingga tahun 1973. Kemudian melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Islah Curah Putih, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember.

 

Di Pesantren Al-Islah beliau mengenyam pendidikan hanya dua tahun saja. Kemudian pada tahun 1975 menikah dengan Nyai Juwairiyah, yang merupakan keluarga Pondok Pesantren Al-Islah.

 

Ketika berkeluarga dengan Nyai Juwairiyah, Kiai Zainudin memilih bermukim di Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk. Dan di sanalah ia mulai merintis pendidikan formal.

 

Kiai Zainudin menjelaskan bahwa dirinya merintis pendidikan formal berawal dari madrasah diniyah terlebih dahulu, yaitu pada tanggal 19 September tahun 1985 yang mana kelasnya masih numpang kepada SD Suger Kidul.

 

”Untuk muallim yang mengajar saya ambilkan dari guru agama di SD Suger Kidul” katanya kepada NU Online Jatim. 

 

Setelah satu tahun berjalan, tepatnya pada awal tahun 1986 ia mendirikan pendidikan formal Madrasah Tsanawiyah (MTs) Suger Kidul.

 

“Kebanyakan tokoh masyarakat Jelbuk mengharamkan pendidikan formal, tapi alhamdulillah MTs yang saya dirikan lumayan banyak muridnya, meskipun banyak tokoh-tokoh yang mencaci dan mencela saya,” ungkapnya, Rabu (17/02/2021).

 

Setelah satu tahun setengah tahun Kaiai Zainuddin membuka MTs Suger Kidul, akhirnya pada tahun 1989 beliau pindah ke Suko, Jember untuk mencari lahan yang lebih luas lagi. Setengah tahun beliau merintis di sana, kemudian bisa membangun gedung sendiri serta meresmikan MTs Fatahillah Suko dibawah naungan Kementrian Agama. Yang mana itu merupakan pendidikan formal pertama kali yang berada di Kecamatan Jelbuk.

 

“Saya menangis tiap malam, riadloh berharap untuk bisa membeli tanah dan membangun gedung sendiri. Dan alhamdulillah berkat izin Allah bisa tercapai meskipun hasil dari sumbangan dan pinjam uang ke koprasi,” terangnya.

 

Dalam perkembangannya, Kiai Zainuddin terus berkomitmen dan berproses untuk memperbaiki pendidikan formal yang dirintis, dengan cara terus melakukan pembangunan dan pengembangan fasilitas serta kualitas tenaga pengajar. Hingga saat ini selain membangun MTs, Kiai Zainuddin juga sudah membangun Raudhatul Athfal (RA), Taman Kanak-Kanak (TK), Madrasah Ibtida'iyah (MI), dan Madrasah Aliyah (MA) Fatahillah.

 

Selain merintis pendidikan formal, dirinya juga mengabdi dan berjuang di NU bersama dengan KH Abdul hadi, salah satu tokoh NU di Kecamatan Jelbuk.

 

Bersama KH Abdul Hadi dirinya berjuang memasyarakatkan NU dengan melaksanakan kegiatan rutin serta pengkaderan yang dilaksanakan diberbagai titik di Kecamatan Jelbuk.

 

“Saya pernah bersama KH Abdul Hadi naik sepeda hadir di kegiatan NU di pegunungan. Dan ketika perjalanan pulang, rantai sepeda yang kami kendarai putus di tengah jalan,” pungkasnya.

 

Penulis: Moh Haris

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru