• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Tapal Kuda

KKN ITB Wiga Lumajang Hasilkan Aneka Program Inovatif

KKN ITB Wiga Lumajang Hasilkan Aneka Program Inovatif
Penyerahan mesin tampar kepada Kepala Desa Tempeh Kidul oleh Mahasiswa KKN ITB Widya Gama Lumajang. (Foto:NOJ/Imam Malik Hakim)
Penyerahan mesin tampar kepada Kepala Desa Tempeh Kidul oleh Mahasiswa KKN ITB Widya Gama Lumajang. (Foto:NOJ/Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim                             
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama (ITB Wiga) Kabupaten Lumajang telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh sejak Rabu hingga Senin (03-29/11/2021). Yang menarik, mereka menciptakan berbagai program inovatif seperti pawon urip dan pembuatan mesin tampar atau tali tampar. Juga bio diesel yang memanfaatkan minyak jelantah.

 

“Yang pertama kami menciptakan program pawon urip sampai dinyatakan juara di kecamatan dan merupakan bantuan kerja sama dengan mahasiswa KKN ITB Wiga Lumajang,” kata Retno Cahyaningati selaku dosen pembimbing, Senin (29/11/2021).

 

Menurutnya, alat tersebut dapat digunakan membuat hiasan tanaman sehingga meningkatkan keindahan serta estetikan di pawon urip. 

 

“Kami juga menciptakan mesin tampar dan yang kita diminati kalangan sehingga memberikan kecepatan bagi masyarakat dalam proses pembuatan tali tampar,” ungkapnya. 

 

Dengan adanya mesin yang telah diciptakan peserta KKN, masyarakat sangat berterima kasih karena mereka sangat terbantu. Demikian pula hasil kerajinan dapat dipasarkan lebih awal dan mendapatkan penghasilan yang lebih cepat.


Bu Retno, sapaan akrabnya berharap mahasiswa KKN supaya terus bekerja keras, inovatif, dan memiliki dedikasi. “Sehingga ke depan selalu sukses dan mampu mengaplikasikan pembelajaran serta pengalaman dari KKN di tempat masing-masing,” ungkapnya. 

 

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada kepada Pemerintah Desa Tempeh Kidul. Demikian juga kerja sama bisa berkelanjutan sehingga mahasiswa yang belum KKN bisa ditempatkan kawasan setempat.

 

”Untuk kepala desa maupun perangkat desa harapan kami semoga KKN ini bisa bermanfaat dan berkelanjutan sehingga nanti adik-adik tingkat yang belum KKN bisa ditempatkan di sini kembali,” pungkasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru