• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Tapal Kuda

LAZISNU Jatim: Membangun Kepercayaan Mutlak dalam Pengelolaan Zakat

LAZISNU Jatim: Membangun Kepercayaan Mutlak dalam Pengelolaan Zakat
Rofi'i Boenawi, Sekertaris LAZISNU Jatim saat memberikan pengarahan kepada LAZISNU Jember. (Foto: NOJ/Aryudi)
Rofi'i Boenawi, Sekertaris LAZISNU Jatim saat memberikan pengarahan kepada LAZISNU Jember. (Foto: NOJ/Aryudi)

Jember, NU Online Jatim
Membangun kepercayaan merupakan hal yang teramat penting, lebih-lebih dalam kegiatan yang terkait dengan pengelolaan keuangan. Sebab, jika kepercayaan dari masyarakat telah dikantongi, maka tidak susah untuk diajak kerja sama, termasuk dalam penarikan zakat.

 

“Karena itu, saya kira bagi LAZISNU membangun kepercayaan di tengah-tengah masyarakat adalah hal mutlak dalam pengelolaan zakat, infaq dan sebagainya,” ujar Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur, Rofi'i Boenawi, Ahad (14/11/2021).

 

Hal tersebut disampaikan saat memberikan pengarahan dalam Silaturrahim dan Rapat Koordinasi Bersama NU Care-LAZISNU Jember barat. Kegiatan dipusatkan di Sekretariat UPZIS NU Care-LAZISNU Semboro, Kabupaten Jember.

 

Menurutnya, membangun kepercayaan sesungguhnya tidak terlalu sulit asal ada kemauan untuk bekerja secara profesional. Salah satu unsur profesionalitas dalam bekerja adalah pelaporan keuangan. Dalam pelaporan keuangan itu, dijabarkan lengkap penerimaan dan pengeluaran dana.

 

“Laporan itu selain dilaporkan kepada struktur di atasnya, juga dibuka untuk masyarakat. Sehingga masyarakat tahu untuk apa dan kemana zakat dan infaq telah yang mereka berikan,” jelas pria yang juga Dosen STAI Al Azhar Menganti Gresik ini.

 

Pria asal Surabaya itu menyatakan bahwa secara umum LAZISNU masih perlu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam membuat laporan keuangan. Tujuannya selain tertib adiministrasi, juga untuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

 

“Insyaallah dalam Rapat Koordinasi Wilayah LAZISNU Jawa Timur nanti dibahas dan tingkatkan kemampuan kita dalam hal pelaporan keuangan,” ungkap pria yang juga Direktur NU Care-LAZISNU Jawa Timur ini.

 

Pada kesempatan itu, Rofi'i juga mengapreasi kinerja LAZISNU Jember. Katanya, meskipun belum maksimal tapi penarikan dan pengelolaan zakat dan infaqnya cukup bagus.

 

“Kalian adalah orang-orang hebat. Panjenanganlah yang berhadapan langsung dengan masyarakat di bawah,” kata pria alumnus Pesantren Al Khoziny Sidoarjo ini.

 

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Cabang (PC) LAZISNU Jember, Ahmad Fathur Rosyid menyatakan bahwa salah satu kunci penting sukses adalah terletak pada UPZIS kecamatan. Karena merekalah yang bekerja menarik zakat dan membagikannya kepada yang berhak.

 

“Tanpa mereka saya bukan apa-apa,” ucapnya.

 

Sekadar diketahui, UPZIS NU Care-LAZISNU Kecamatan Semboro dalam rentang waktu Januari hingga Oktober 2021, dana zakat dan infaqnya yang dikumpulkan mencapai Rp120 juta. Dana tersebut dibagikan kepada mustahik dalam bentuk sembako dan uang tunai.
 


Tapal Kuda Terbaru