• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Tapal Kuda

Ma'had Aly Genggong Latih Mahasantri Jawab Masalah Perspektif Hadits

Ma'had Aly Genggong Latih Mahasantri Jawab Masalah Perspektif Hadits
Ma'had Aly Genggong mengadakan bahtsul masail dengan peserta mahasantri. (Foto: NOJ/Siti Nurhaliza)
Ma'had Aly Genggong mengadakan bahtsul masail dengan peserta mahasantri. (Foto: NOJ/Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim

Dewan Mahasantri Ma'had Aly Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo, menggelar kegiatan Batsul Masail Al-Haditsiyyah Wal Fiqhiyyah di lantai 2 kampus Ma'had Aly Genggong, Kamis (15/09/2021). Kegiatan digelar untuk melatih mahasantri agar mampu menjawab permasalahan dari sudut pandang hadits dan hukum Islam.

 

Kegiatan tersebut di hadiri oleh sekitar 80 orang dari mahasantri putra dan putri Ma'had Aly Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hadir juga dalam kesempatan itu, Ahmad Muzakki selaku Mudir Ma'had Aly, Abu Yazin Adnan selaku Wakil Rektor  3 Unzah, KH Ghufron Ma'shum, Imam Syafi'i. Ketiganya didapuk sebagai tim perumus dan mushahhih.

 

Ahmad Muzakki selaku Mudir Ma'had Aly Genggong menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengasah kemampuan mahasantri Ma'had Aly dalam mencari dan memberikan jawaban-jawaban atas problematika hukum yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

 

“Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menguji kemampuan intelektual Mahasantri khususnya dalam bidang hadits dan fiqih," katanya.

 

Menurut Muzakki, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya kelangkaan kajian bahtsul masail dalam perspektif hadits. Ma'had Aly Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong ingin terlibat dalam membumikan kajian hadits dan ilmu hadits, khususnya di Indonesia.

 

"Harapannya, semoga dari kegiatan ini banyak melahirkan kader-kader andal dan memiliki keilmuan yang mendalam, khususnya dalam bidang hadits dan Fiqih,” pungkasnya.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru