• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Tapal Kuda

Tips Cepat Hafal Al-Qur’an ala Nayla si Mahasiswi Modis

Tips Cepat Hafal Al-Qur’an ala Nayla si Mahasiswi Modis
Nayla Sakinah, mahasiswi modis asal Probolinggo sampaikan tips cepat hafal Al-Qur'an. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).
Nayla Sakinah, mahasiswi modis asal Probolinggo sampaikan tips cepat hafal Al-Qur'an. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).

Probolinggo, NU Online Jatim

Nayla Sakinah, mahasiswi modis asal Probolinggo berbagi tips cara cepat menghafal Al-Qur'an. Seperti diketahui, Nayla mempu menghafalkan Al-Qur'an 30 juz dalam rentang waktu 8 bulan.

 

Menurut Nayla, salah satu tips cepat hafal Al-Qur'an ialah harus berada di lingkungan yang mendukung. Semisal lingkungan pertemanan yang sama-sama mencintai Al-Qur'an.

 

“Hal ini seperti yang saya rasakan saat berada di Pondok Pesantren Al Muqorrobin Malang. Makanya, saya cepat hafal Al-Qur’an,” ujar mahasiswi Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Senin (06/09/2021).

 

Selain itu, menurut Nayla, hendaknya memiliki dorongan yang kuat dan motivasi yang tinggi untuk menghafalkan Al-Qur’an. Untuk dua hal ini, Nayla mengaku mendapat dorongan intensif dari orang tuanya. Sedang motivasinya ialah dari KH Ibrohim Ammari, pengasuh Pondok Pesantren Al Muqorrobin Malang.

 

 

Disebutkan oleh Nayla, sosok Kiai Ibrohim Ammari merupakan tipikal yang telaten dan sabar, serta selalu memberikan semangat kepada santrinya untuk menghafalkan Al-Qur’an.

 

“Motivasi-motivasi dari beliau membuat saya semangat untuk menghafal Al-Qur’an. Meskipun hanya dua tahun nyantri, bagi saya sangat mengesankan,” tutur Gadis asal Desa Gunung Geni Kecamatan Banyuanyar Probolinggo tersebut.

 

Nayla menyebutkan, banyak penghafal Al-Qur’an yang tidak mutqin atau fasih dalam bacaan. Oleh karenanya, ia memberikan tips agar terus melakukan murojaah atau mengulang bacaan yang sudah dihafalkan sebelumnya.

 

“Agar fasih bacaannya, teruslah murojaah berulang kali. Dan waktu murojaah yang paling baik itu di  waktu sepertiga malam,” jelas perempuan kelahiran 24 tahun yang lalu itu.

 

 

Mahasiswi yang merupakan bos hijab Muslimah Wearing dan Kinana Style ini menyebut banyak manfaat yang dirasakannya dari menghafal Al-Qur’an. Bahkan ia mengaku, seandainya mengetahui manfaat dan kemuliaan yang diperoleh dari menghafal Al-Qur’an sejak awal, maka ia akan menghafalkan Al-Qur’an sejak dulu tanpa menunggu usia remaja.

 

Oleh karena itu, kepada generasi muda jangan merasa khawatir dan takut untuk menghafal Al-Qur’an, karena akan banyak hal bermanfaat yang akan diperoleh.

 

“Saya berharap, pengalaman hidup dari saya ini dapat menjadi referensi bagi generasi agar semangat menghafal Al-Qur’an, serta yakin bahwa menghafal Al-Qur’an adalah pilihan yang tepat,” pungkasnya.

 

 

Secara lebih rinci, Nayla pun memberikan tips cepat hafal Al-Qur’an, yaitu:

 

  1. Hendaknya berada di lingkungan yang mendukung dan sama-sama mencintai Al-Qur’an.
  2. Memiliki dorongan dan motivasi yang kuat untuk menghafal Al-Qur’an.
  3. Hendaknya fasih membaca Al-Qur’an, agar lebih mudah dalam menghafal.
  4. Rajin melakukan murojaah, utamanya di waktu sepertiga malam.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru