• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

MDS Rijalul Ansor Probolinggo Gelar Festival Al Banjari, Ini Persyaratannya

MDS Rijalul Ansor Probolinggo Gelar Festival Al Banjari, Ini Persyaratannya
Flyer Festival Al Banjari oleh PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ ISt)
Flyer Festival Al Banjari oleh PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ ISt)

Probolinggo, NU Online Jatim
Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Probolinggo akan menggelar Festival Al Banjari pada Ahad (04/09/2022) mendatang. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati bulan Muharram dan Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah.


Ketua MDS Rijalul Ansor Probolinggo, Ustadz Qosim menuturkan, kegiatan tersebut nanti akan digelar di Pondok Pesantren Bani Rancang Desa Lemah Kembar Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo


“Sedangkan tekhnical meeting akan digelar di Kantor PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo, pada Ahad (28/08/2022) mendatang,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Rabu (10/08/2022).


Disebutkan, persyaratan mengikuti perlombaan tersebut adalah untuk umum, yakni warga se-Probolinggo Raya, baik dari Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Kota Kraksaan.


“Peserta menampilkan dua lagu bebas berbahasa Arab dan jingle dengan kata kunci ‘Ansor Kabupaten Probolinggo’. Dan, jumlah personil setiap grup maksimal 10 orang,” ujarnya.


Ia menyebutkan, dalam lomba tersebut peserta wajib memakai alat rebana tradisional, yaitu 4 rebana dan 1 bass, dan masing-masing grup membawa peralatan sendiri. Sedangkan durasi waktu penampilan maksimal 12 menit.


Dirinya menambahkan, lomba tersebut terbatas maksimal 35 grup Al Banjari. Masing-masing grup harus mendapatkan surat rekomendasi dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor setempat dan membayar biaya pendaftaran Rp100 ribu via transfer ke nomor rekening BSI: 8501562550 a.n Fajar Ramadhani.


“Harapan saya dengan adanya Festival Al Banjari ini MDS Rijalul Ansor bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Bahwa semi badan otonom Ansor itu tidak hanya Banser, melainkan juga ada MDS Rijalul Ansor,” tandasnya.


Sebagai informasi, untuk informasi lebih lanjut terkait Festival Al Banjari tersebut bisa menghubungi kontak person: 085204987575 (Ustadz Yusuf), 085258846253 (Ustadz Ahmadi), dan 085157315152 (Kang Zafran).


Tapal Kuda Terbaru