• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

‘Hadiah dari Abi’, Kado Ansor Probolinggo di Bulan Kemerdekaan

‘Hadiah dari Abi’, Kado Ansor Probolinggo di Bulan Kemerdekaan
Poster film 'Hadiah dari Abi' karya kader Ansor Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/SN)
Poster film 'Hadiah dari Abi' karya kader Ansor Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/SN)

Probolinggo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo meluncurkan sebuah film pendek berjudul Hadiah dari Abi. Film perdana itu dibuat sebagai kado untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76.

 

Film itu disutradai kader Ansor Probolinggo, Ridho Muhammad Farid. Pemainnya juga kader Ansor dan Nahdlatul Ulama setempat. Suhartono berperan sebagai Abi, sementara Maula Hasanah berperan sebagai istri Abi, Mazro'atul ilmiantita sebagai penjahit, dan Ketua PC Ansor Probolinggo Misbahul Munir memerankan dirinya seperti di dunia nyata.

 

Hadiah Dari Abi menceritakan seorang suami yang ingin memberikan hadiah kepada istrinya. Namun, di tengah-tengah itu terjadi satu peristiwa yang tidak disangka-sangka. Ridho mengatakan, alur cerita film pendek tersebut memang sengaja dibuat untuk membuat penasaran penonton, hadiah apa yang akan diberikan Abi kepada istrinya.

 

Dia menambahkan, film pendek tersebut tidak akan tercipta tanpa kekompakan para kru. Ridho menyebut beberapa nama yang berperan dalam pembuatan film tersebut. Di antaranya Abd Hamid sebagai produser, Ridho sendiri sebagai sutradara sekaligus kameraman, Abd Jalal selaku penulis skenario, Ahmad Tijani sebagai asisten direktur, dan Ahmad Syaiful selaku penata suara.

 

Ketua Ansor Kabupaten Probolinggo Misbahul Munir mengatakan, kendati sangat sederhana, film tersebut cukup menyentuh karena membawa pesan nasionalisme yang tinggi. Abi, karakter di film tersebut, mendahulukan rasa nasionalismenya dengan menunda janjinya memberikan hadiah kepada istrinya.

 

“Semoga di momen Agustusan ini Ansor, Banser, dan semua banom NU juga mendahulukan organisasi demi keutuhan NKRI,” kata Munir.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru