• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 27 Januari 2022

Tapal Kuda

NU, Muhammadiyah dan BPN Kota Probolinggo MoU Sertifikasi

NU, Muhammadiyah dan BPN Kota Probolinggo MoU Sertifikasi
NU, Muhammadiyah, dan BPN Kota Probolinggo melakukan MoU sertifikasi aset. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)
NU, Muhammadiyah, dan BPN Kota Probolinggo melakukan MoU sertifikasi aset. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim

Lembaga Wakaf dan Pertanahan Nahdlatul Ulama (LWPNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo mengadakan perjanjian kerja sama (MoU) dengan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) di kantor NU Kota Probolinggo pada Senin (04/10/2021). Hal itu dilakukan untuk percepatan sertifikat tanah hak milik dan tanah wakaf badan hukum perkumpulan NU.

 

Mohammad Imamuddin Nur Fajri, Ketua PC LWPNU Kota Probolinggo, menjelaskan bahwa agenda tersebut bagian dari rangkaian Hari Santri Nasional tahun 2021. Kegiatan tersebut tindaklanjut dari kerja sama yang dilakukan oleh PWNU dengan Kanwil BPN Jatim.

 

"Alhamdulillah bisa dilaksanakan MoU antara Kantor Pertanahan Kota Probolinggo dengan PCNU setempat, dan PD Muhammadiyah juga ikut melaksanakan MoU," ucapnya.

 

Imamuddin menerangkan, NU memiliki puluhan ribu aset tanah, wakaf dan lainnya di seluruh Jatim. " Itu sebagian besar masih belum terselesaikan secara administrasi ikrar wakafnya maupun sertifikatnya," katanya.

 

Oleh karena itu, untuk mengamankan aset-aset tersebut, maka perlu dilaksanakan MoU. Dia berharap kepada warga atau Nahdliyin perlu adanya kesadaran untuk status tanah wakafnya yang belum disertifikatkan. Sebab, kalau itu dibiarkan khawatir beberapa tahun kemudian bermasalah status legal formal kepemilikannya.

 

Agus Purwanto, Kepala Kantor Pertanahan Kota Probolinggo, menyampaikan bahwa semoga aset-aset NU dan aset-aset Muhammadiyah bisa disertifikatkan melalui sertifikat wakaf. Dia memastikan nantinya BPN akan membantu dengan kemudahan-mudahan regulasi yang telah ada.


Tapal Kuda Terbaru