• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Pemuda Pesisir Pasuruan Ubah Kampung Narkoba jadi Taman Baca

Pemuda Pesisir Pasuruan Ubah Kampung Narkoba jadi Taman Baca
Aktivitas di Taman Baca Pesisir di Pasuruan yang pada mulanya kampung narkoba. (Foto: NOJ/ Winda Badiatul Jamilah)
Aktivitas di Taman Baca Pesisir di Pasuruan yang pada mulanya kampung narkoba. (Foto: NOJ/ Winda Badiatul Jamilah)

Pasuruan, NU Online Jatim

Taman Baca Pesisir merupakan sebuah taman baca yang terletak di pesisir pantai dan rerimbunan hutan mangrove di Kelurahan Tambaan, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. 


Pada mulanya, daerah ini dikenal dengan kampung narkoba mengingat banyak praktik barang haram tersebut di tempat ini. Namun, berkat usaha pemuda-pemudi daerah setempat empat tahun lalu, mengubahnya menjadi taman baca dan menjadi tempat nyaman bagi anak-anak untuk menggali pengetahuan. 


Nafi'udin salah satu pegiat sekaligus koordinator Taman Baca Pesisir mengatakan, taman baca tersebut didirikan pada awal tahun 2018 lalu. Hal tersebut berkat kepedulian pemuda-pemudi Kelurahan Tambaan terhadap lingkungannya yang dikenal kampung narkoba. 


"Tujuan didirikannyanya taman baca ini untuk membentengi anak-anak sekitar dari jahatnya narkoba dan merubah image yang dulunya kampung narkoba menjadi kampung wisata," katanya kepada NU Online Jatim, Rabu (22/12/2021).


Untuk menghilangkan kebosanan, yang dilakukan tidak hanya memupuk minat membaca, sesekali anak-anak binaan mulai dari PAUD sampai SD itu dibawa ke cagar budaya yang ada di Kota Pasuruan. Seperti klenteng, taman kota, dan lainnya.


“Kegiatannya tidak hanya terbatas di taman baca ini saja, akan tetapi juga kegiatan lain yang sifatnya untuk mengedukasi,” terangnya.


Seiring dengan bertambah usia, Taman Baca Pesisir terus berkembang. Sejumlah pihak pun merespons baik adanya taman baca ini, salah satunya dengan menyumbangkan bahan buku bacaan.


“Alhamdulillah, banyak yang merespons baik terhadap Taman Baca Pesisir. Banyak pihak yang menyumbangkan buku kepada kami,” ungkapnya.
 


​​​​​​​Nafi'udin dan teman-teman yang lainnya pun menyatakan akan terus berikhtiar untuk menumbuhkan semangat literasi di daerahnya. “Kami akan terus berupaya untuk mengajak anak-anak sekitar agar cinta literasi,” pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru