• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Tapal Kuda

Puluhan Veteran Terima Talih Asih dari LAZISNU Kencong

Puluhan Veteran Terima Talih Asih dari LAZISNU Kencong
Pemberian penghargaan dan talih asih dari PC LAZISNU Kencong, Jember kepada puluhan veteran. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)
Pemberian penghargaan dan talih asih dari PC LAZISNU Kencong, Jember kepada puluhan veteran. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kencong, Kabupaten Jember menyalurkan talih asih kepada puluhan veteran, Sabtu (12/11/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat.


"Sebanyak 32 veteran mendapatkan penghargaan, santunan sekaligus talih asih. Mereka semua berasal dari Kecamatan Puger, Jombang, Gumukmas, Kencong dan Umbulsari," kata Ketua PC LAZISNU Kencong, Ustadz Imam Syafi'i saat dikonfirmasi.


Imam menuturkan, sebelum pemberian santunan juga dibacakan tahlil dan doa bagi para pejuang kemerdekaan yang telah gugur di medan perang. Kemudian dilanjutkan testimoni para veteran.


"Ini sebagai bentuk kepedulian kita keluarga besar PCNU Kencong kepada para pejuang kemerdekaan, karena atas jasa beliau-beliaulah negara kita bisa seperti sekarang ini," ujarnya.


Sementara Ketua Tanfidziyah PCNU Kencong, KH Zainil Ghulam mengingatkan, sebagai generasi penerus, kaum muda harus terus berjuang untuk negara, karena Fatwa Resolusi Jihad KH Hasyim Asyari yang menjadi penggerak semangat perjuangan melawan penjajah hingga kini belum pernah dicabut.


"Kita harus terus berjuang mempertahankan NKRI, kedaulatan dalam segala bidang keumatan keindonesian dan semua perjuangan ini ranah hukumnya masih fardlu ain," tegasnya.


Menurutnya, pemberian talih asih ini mungkin belum seberapa dibandingkan perjuangan dan pengorbanan mereka saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.


"Santunan tersebut barangkali masih tidak sebanding, namun yang paling penting adalah kita harus mengingat dan mengenang jasa-jasa mereka telah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan," tandasnya.


Diketahui, kegiatan ini dihadiri Komandan Kodim (Dandim) 0824/Jember Letkol Inf Batara C Pangaribuan beserta rombongan. Turut hadir jajaran PC LAZISNU Kencong serta pengurus syuriyah dan tandfidziyah PCNU Kencong.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru