• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Tapal Kuda

Soal PCNU Besuki, 5 MWCNU Situbondo Sowan ke PWNU Jatim

Soal PCNU Besuki, 5 MWCNU Situbondo Sowan ke PWNU Jatim
Lima MWCNU wilayah barat Situbondo sowan ke PWNU Jatim di Surabaya, Rabu malam (24/03/2021). (Foto: NOJ/RS)
Lima MWCNU wilayah barat Situbondo sowan ke PWNU Jatim di Surabaya, Rabu malam (24/03/2021). (Foto: NOJ/RS)

Surabaya, NU Online Jatim

Lima Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) wilayah barat Situbondo melakukan silaturrahmi ke Pengurus Wilayah NU Jawa Timur (PWNU) Jatim, Rabu malam (24/03/2021). Mereka sowan untuk menindaklanjuti pengajuan pendiruan Pengurus Cabang NU (PCNU) Besuki.

 

Lima MWCNU wilayah barat Situbondo itu secara resmi mengajukan pendirian PCNU Besuki pada 30 Desember 2020 lalu. Tim penelaah dari PWNU Jatim pun sudah turun ke Besuki menindaklanjuti itu sebulan lalu.

 

“Kami melakukan silaturrahmi, dan tabayyun meminta kejelasan keputusan atau jawaban dari pihak PWNU Jatim terkait pendirian PCNU Besuki,” kata Ketua MWCNU Besuki, Abdul Djajal, ditemui usai pertemuan.

 

Ia menambahkan, pengajuan PCNU Besuki itu didasarkan pada sejarah dan persetujuan dari beberapa anggota MWCNU di sekitar Besuki.

 

“Kami tetap sesuai AD/ART yang belaku, bahkan kita berpondasi kepada BAB IV pasal 10 poin satu dan poin lima, pembentukan cabang diusulkan oleh MWCNU melalui PWNU dan PBNU, serta melihat faktor kesejarahan di wilayah Besuki,” ujar Djajal.

 

Untuk itu, pihaknya sangat berharap, ada titik terang dan jawaban serta keputusan dari PWNU, karena PBNU sudah menyerahkan sepenuhnya kepada PWNU Jatim.

 

“Para anggota MWCNU yang hadir malam hari ini tulus ikhlas demi berjuang dan meneruskan perjalanan para masyayikh. Di dalam wadah NU kami rela mengorbankan serta meninggalkan tugas kami, maka dari itu kami berharap tujuan datang ke kantor PWNU Jatim disetujui,” kata Djalal.

 

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar mengatakan belum bisa mengambil keputusan atas pengajuan itu. PWNU masih akan melakukan rapat gabungan Syuriah dan Tanfidziyah untuk memutuskan itu.

 

“Kami meminta mereka untuk bersabar. Kami akan lakukan rapat gabungan dan dihadiri oleh para masyayikh sebagai pembanding sekaligus hakim putusan. Mengenai tanggal ketetapan untuk rapat, kami akan memberi kabar lebih lanjut kepada anggota MWCNU Besuki,” kata Kiai Marzuki.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru