• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Tapal Kuda

Total Hadiah 10 Juta, PK IPNU Zainul Hasan Genggong Gelar Festival Haf-Sa Qur'ani

Total Hadiah 10 Juta, PK IPNU Zainul Hasan Genggong Gelar Festival Haf-Sa Qur'ani
PK IPNU Zainul Hasan Genggong. (Foto: NOJ/Anita)
PK IPNU Zainul Hasan Genggong. (Foto: NOJ/Anita)

Probolinggo, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Pondok Pesantren Putra Hafsawaty Zainul Hasan Genggong akan menggelar kompetisi Festival Haf-sa Qurani (FHQ) 2020 tingkat Nasional. FHQ yang merupakan agenda tahunan tersebut akan diselenggarakan pada bulan November hingga Desember 2020. 

 

Afifullah, Ketua PK-IPNU Ponpes Putra Hafshawaty Zainul Hasan Genggong mengungkapkan bahwa agenda tersebut bertujuan untuk mewujudkan generasi muda yang kreatif dan produktif di masa pandemi.

 

“Tujuannya untuk mewujudkan generasi muda yang kreatif, aktif, dan produktif di masa pandemi dalam mensyiarkan agama Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” ungkapnya.

 

Afifullah juga memaparkan bahwa akan ada beberapa kegiatan lomba yang akan diselenggarakan.

 

“Kami adakan empat lomba yakni diantaranya Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Tartilil Qur’an (MTrQ), dan Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK). Kegiatan ini ditujukan untuk umum/pesantren/sekolah tingkat Nasional dengan batasan umur maksimal 23 tahun. Dan total hadiah yang diberikan sebesar 10 juta rupiah,” paparnya.

 

Pada tahun 2019 lalu, PK-IPNU Pondok Pesantren Putra Hafsawaty Zainul Hasan Genggong mengadakan agenda tersebut secara offline. Namun, adanya pandemi Covid-19 dan anjuran untuk melakukan aktifitas dari rumah nyatanya tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap menyelenggarakan agenda tersebut.

 

“Adanya pandemi Covid-19 tidak membuat kami menyerah dalam keadaan. Kami tetap melakukan festival ini secara online dan berharap dapat menjadi wadah dalam berdakwah dan syiar agama serta membantu mengekspresikan kemampuan di bidang seni-seni Islam,” terang Afifullah.

 

Agenda FHQ 2020 yang bertema Aktualisasi Generasi Qurani Melalui Kalam Ilahi di Masa Pandemi ini telah dibuka sejak tanggal 1 hingga 24 November 2020 mendatang. Sementara pengumpulan tahap final akan dilaksanakan pada 22 Desember 2020.

 

Ketua PK-IPNU juga mengimbuhkan bahwa tema tersebut tidak sembarang dipilih, melainkan juga mewakili harapan dari teman-teman PK-IPNU sendiri.

 

“Tema FHQ 2020 merupakan upaya kami untuk mendukung serta meningkatkan potensi generasi qur’ani dalam berdakwah dan menyampaikan kalam Allah SWT, meskipun berada pada era pandemi Covid-19,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Anita

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru