Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network

Metropolis

Ansor Gresik Diminta Bersinergi dengan Pemerintah

Wabup dan pengurus GP Ansor Jatim dan Gresik di acara PKD PAC Kecamatan Gresik. (NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Kader Ansor Gresik diharapkan selalu bersinergi dengan pemerintah kabupaten setempat dalam hal upaya mewujudkan program-program yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat. Hal itu juga bagian dari arahan Nahdlatul Ulama selaku induk dari Ansor selaku badan otonom.


Hal itu disampaikan Abdul Basit dari Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur saat hadir dalam acara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Dirosah Ula Jilid II PAC GP Ansor Kecamatan Gresik di Aula MI NU Trate pada Jumat (25/02/2022). Hadir pula pada acara itu, Aminatun Habibah, Wakil Bupati Gresik.


Menurut Basist, Ansor harus bersinergi dengan pemerintah kabupaten untuk mensukseskan program Nawa Karsa yang diusung Bupati dan Wakil Bupati Gresik. Melalui PKD, diharapkan Ansor Gresik mencetak kader-kader terbaik ke depan serta mengawal kiai, ideologi Aswaja, Pancasila, dan NKRI.


Pelatihan Kepemimpinan Dasar menjadi syarat administrasi menjadi pengurus Ansor. Setelah PKD ini, mereka membuat langkah-langkah strategis langkah organisasi Ansor ke depan," katanya.


Sementara itu, Aminatun Habibah, Wabup Gresik, menyampaikan bahwa sebagai Banom NU, Ansor harus bisa menjadi contoh teladan, baik di organisasi maupun di masyarakat. Sebab, menurutnya, Ansor menjadi tumpuan untuk membina generasi muda NU, termasuk di Gresik.


Pelatihan ini, ucap dia, nantinya akan menambah keilmuan mencetak kader-kader yang berkualitas serta tetap menjaga ukhuwah Islamiyah untuk berkehidupan berbangsa dan bernegara yang rahmatan Lil Alamin.


"Untuk itu, melalui Pelatihan Kepemimpinan Dasar, kader Ansor diharapkan menjadi teladan bagi setiap anggota. Dengan begitu, karakter yang dihasilkan berkualitas. Kualitas yang diasah akan mewujudkan jiwa kepemimpinan yang baik,” tandas Aminatun.


Abdul Rokhim, Ketua PC GP Ansor Gresik, mengaku senang Kabupaten Gresik dipimpin oleh kader Ansor. Dirinya berharap, kehadiran Wakil Bupati Gresik bisa memberikan semangat dan motivasi bagi kader-kader Ansor di Gresik.


"Dengan mengambil Tema Membentuk Generasi Cerdas yang Mandiri, Progresif, dan Kreatif di Era Digital, peran Gerakan Pemuda Ansor ke depan harus mampu menunjukkan eksistensinya, apalagi keberadaan media sosial yang semakin masif berkembang," ujar Abdul Rokhim.

M Syafik Hoo
Editor: Nur Faishal

Artikel Terkait