• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Matraman

Komitmen Lahirkan Kader Berkualitas, Ansor di Nganjuk Gelar PKD

Komitmen Lahirkan Kader Berkualitas, Ansor di Nganjuk Gelar PKD
PKD yang digelar PAC GP Ansor Pace, Kabupaten Nganjuk. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
PKD yang digelar PAC GP Ansor Pace, Kabupaten Nganjuk. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pace, Kabupaten Nganjuk menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Kecubung, Jumat-Ahad (18-20/02/2022).

 

“Pengkaderan ini akan berfokus pada pendampingan kader serta pengambilan janji atau ikrar sebagai perawat ranting, dan kemandirian organisasi,” ungkap Lukman Hakim, Ketua GP Ansor Pace kepada NU Online Jatim, Sabtu (19/02/2022).

 

Dirinya mengatakan, alumni PKD Ansor ini diharapkan mampu memberikan uswah kepada pemuda di lingkungannya sehingga dapat aktif dalam kegiatan sosial keagamaan dan dapat menjadi kader-kader Ansor yang militan dan berkualitas serta siap mengabdi untuk NU dan NKRI.

 

"Ketika sudah mendapat sebutan kader, maka sudah bukan lagi menjadi penggembira melainkan jadi promotor gerakan yang akan membentuk dan menjaring setiap pemuda yang ada di Nganjuk untuk melakukan hal positif,” sambungnya.

 

Disampaikan Lukman, tindak lanjut dari kegiatan ini salah satunya adalah pemberdayaan kader di level ranting. “Kami berharap alumni PKD tahun ini bisa berperan aktif dalam kemandirian Ansor di Pace dan secara umum serta dapat membina karakter organisatoris yang baik dan cakap di masing-masing ranting,” harapnya.

 

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Nganjuk, Moh Rifai berpesan kepada peserta untuk selalu ikhlas berkhidmat di NU dengan niat mendapat ridha Allah SWT serta ikhlas dalam mengikuti setiap materi.

 

"Karena setiap materi akan membentuk pandangan dan memperkuat gerakan pemuda Ansor. NKRI adalah milik kita, maka kita yang menjaganya. Maka aktif dan turut serta mengawal ideologi bangsa adalah salah satu kontribusi yang dapat kita berikan untuk NKRI ini," tegasnya.

 

Acara pembukaan PKD dihadiri oleh jajaran Pimpinan Cabang Kabupaten Nganjuk, jajaran Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pace, jajaran Muspika, Badan Otonom dan pengurus PAC GP Ansor Kecamatan Pace.

 

Penulis: M Yasin Yusuf


Matraman Terbaru