• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Matraman

Gus Miftah Hadiri Peletakan Batu Pertama Kantor Ansor Pacitan

Gus Miftah Hadiri Peletakan Batu Pertama Kantor Ansor Pacitan
Gus Miftah hadir pada pembangunan kantor PC GP Ansor Pacitan.
Gus Miftah hadir pada pembangunan kantor PC GP Ansor Pacitan.

Pacitan, NU Online Jatim
KH Miftah Maulana Habiburrahman atau yang biasa dikenal dengan Gus Miftah, meletakkan batu pertama pembangunan sekretariat Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pacitan, Senin (21/02/2022).


Dalam kegiatan yang bertajuk Konsolidasi Kader Muda NU dan Peletakan Batu Pondasi Sekretariat GP Ansor Pacitan ini, Gus Miftah menitipkan pesan. Bahwa sebagai kader muda NU, salah satu tugas Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) adalah menjaga dan melestarikan amaliah Ahlussunah wal Jama'ah an-Nahdhiyah tinggalan leluhur NU di lingkungan masing-masing.


"Kita di NU ini dalam rangka untuk memperbaiki diri, bukan untuk memperbaiki NU. Kita ini hidup karena NU, bukan cari hidup di NU,  apalagi kok sampai ngaku-ngaku menghidupi NU. Kontribusi kita ke NU itu ya menjaga amaliah-amaliah dan tradisi NU,” kata Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji Sleman, Yogyakarta ini.


Setelah selesai memberikan ceramahnya, Gus Miftah meletakkan batu pertama pembangunan sekretariat GP Ansor Pacitan bersama dengan Pimpinan Perguruan Islam Pondok Tremas, KH Fuad Habib Dimyathi, KH Luqman Harist Dimyathi, jajaran Forkopimca Donorojo, PCNU dan Kementerian Agama Pacitan.


Seperti disampaikan Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Pacitan, M Munaji kepada NU Online Jatim  bahwa pembangunan kantor ini merupakan wasiat dari Kiai Umar Tumbu yang harus dilaksanakan.  


"Alhamdulilah Gus Miftah bisa berkenan hadir untuk meletakkan batu pertama pembangunan Sekretariat GP Ansor Pacitan ini. Semoga pembangunan kantor ini diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT,” harapnya.


Berdasarkan informasi, sebelum meninggal pada 2017 silam, Kiai Umar Tumbu berpesan untuk didirikan kantor GP Ansor di area menara dan gedung NU Donorojo. Harapan dengan adanya kantor, Ansor bisa lebih maju dan berkembang. 


Kiai Umar Tumbu sendiri merupakan salah satu tokoh penting di Pacitan. Selain sebagai pengasuh Pondok Pesantren Nurrohman Donorojo, juga salah satu Mustasyar PCNU Pacitan dan tokoh penggagas berdirinya menara NU di Donorojo.
 

Letak Sekretariat GP Ansor Pacitan ini bersandingan dengan menara dan gedung NU Donorojo yang berlokasi di Dusun Jajar, Desa Donorojo, Kecamatan Donorojo.


Penulis: Kaukabusyarqi


Editor:

Matraman Terbaru