• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Matraman

Cara Ma’had Aly al-Tarmasi Pacitan Ajak Mahasantri Cinta Nabi

Cara Ma’had Aly al-Tarmasi Pacitan Ajak Mahasantri Cinta Nabi
UKM Shil ya Nabi Ma'had Aly al-Tarmasi, Pacitan bersama bupati. (Foto: NOJ/ISt)
UKM Shil ya Nabi Ma'had Aly al-Tarmasi, Pacitan bersama bupati. (Foto: NOJ/ISt)

Pacitan, NU Online Jatim
Beragam cara dilakukan dalam upaya menunjukkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Hal itu juga seperti ditunjukkan Unit Kegiatan Mahasantri (UKM) Ma'had Aly al-Tarmasi, Pacitan, Shill ya Nabi. Mereka menyelanggarakan kegiatan setiap Ahad malam dengan menekuni musik banjari dan shalawat.
 

"Awal dibentuknya UKM ini adalah keinginan kami akan perlunya membuat wadah khusus yang menekuni musik banjari dan shalawat,” kata Doni Puji Utomo, Ketua UKM Shill ya Nabi, Rabu (05/01/2021).
 

Dalam pandangannya, keberadaan wadah kelompok shalawat merupakan sarana bagi mahasantri untuk mencintai Nabi Muhammad SAW. Dan pada saat yang sama, dirinya juga bangga karena eksistensi UKM berkembang pesat.
 

“Hal itu tidak lepas dari dukungan para pengurus termasuk Badan Eksekutif Mahasantri yakni BEM Ma'had Aly al-Tarmasi, serta tentu saja mahasantri,” jelasnya.
 

Dirinya menyatakan bahwa pengurus juga sudah membuat rutinan shalawatan bersama mahasantri. Lokasinya berada di gedung kampus setempat yang digelar setiap Ahad, usai waktu shalat magrib. Keberadaan forum sebagai sarana untuk menjaga kekompakan dan tentu saja ajang saling diskusi.
 

Yang tentu saja menjadi tujuan utama dari UKM ini adalah semakin menggelorakan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Apalagi shalawat dikemas dengan pendekatan dan model yang lebih menarik.
 

"Melalui rutinan shalawatan ini kami berharap para mahasantri dapat terus menambah rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW," katanya.
 

Demikian juga UKM semakin mendapat dukungan lagi dari sejumlah pihak. Termasuk yang juga sebagai tujuan utama yakni menjadi perantara untuk dapat mencintai dan dicintai Nabi Muhammad SAW.
 

Hal yang juga membanggakan, kendati sebagai UKM baru, namun kiprahnya layak diapresiasi. Dalam sebuah kesempatan, Bupati Pacitan berkenan untuk memberikan dukungan atas keberadaan kelompok ini. Apa yang dilakukan orang pertama di kawasan dengan sebutan kota seribu kota tersebut sebagai bentuk dukungan. 

 

Penulis: Muhdhori Ahmad


Editor:

Matraman Terbaru