Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network

Tapal Kuda

Pengurus Lembaga dan Badan Khusus NU Lumajang Resmi Dikukuhkan

Prosesi pengukuhan pengurus lembaga dan badan khusus PCNU Lumajang masa khidmat 2023-2028 di Aula Kampus IAI Syarifuddin Lumajang, Kamis (01/06/2023). (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang resmi mengukuhkan pengurus lembaga dan Badan Khusus (Bansus) di bawah naungan PCNU Lumajang masa khidmat 2023-2028. Agenda tersebut dipusatkan di Aula Kampus IAI Syarifuddin Lumajang, Kamis (01/06/2023).

 

Pengukuhan ini dihadiri ratusan pengurus dari 21 Lembaga dan Bansus NU yang dipimpin langsung Ketua PCNU Lumajang, KH Mohammad Darwis atau Gus Darwis. Tampak Gus Darwis membacakan ikrar janji yang kemudian ditirukan para peserta pengukuhan.

 

Badan Khusus (Bansus) NU yang dikukuhkan adalah Badan Khusus Kemaritiman, Badan Usaha Milik NU (BUMNU), serta Unit PCNU seperti Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU), Media Center an-Nahdlah (MCN) NU, dan Toko NU.

 

Sekretaris PCNU Lumajang, Ahmad Ikhwanul Muttaqin menjelaskan, pengukuhan pengurus lembaga dan badan khusus ini sengaja digelar untuk memberikan legalitas sebagai bagian dari jamiyah Nahdlatul Ulama agar bisa melaksanakan program-program yang disusun.

 

“Pengukuhan ini penting dilakukan, karena sejatinya lembaga-lembaga ini adalah supporting system yang akan melaksanakan program PCNU Lumajang sesuai bidang dan kewenangannya,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Qosim salah satu pengurus lembaga yang dikukuhkan mengaku, melalui pengukuhan ini menjadi pengingat bahwa tanggung jawab yang diemban harus dilaksanakn dengan maksimal.

 

“Ini merupakan tanggung jawab yang akan kami laksanakan semaksimal mungkin, karena saya yakin menjadi bagian dari NU berarti menjadi bagian dari santri para ulama Nusantara,” jawab Qosim yang didapuk sebagai Ketua Lembaga Ta'lif wan-Nasyr (LTN) PCNU Lumajang ini.

 

Usai dikukuhkan, para pengurus lembaga dan bansus mengikuti Musyawarah Kerja (Musker) dengan membahas berbagai program kerja prioritas dan super prioritas di bidang masing-masing.

 

Program-program tersebut di antaranya, kelompok kerja (Pokja) agama, pendidikan, sosial ekonomi, organisasi, rekomendasi dan bahtsul masail untuk gerakan NU Lumajang ke depan.

Sufyan Arif
Editor: A Habiburrahman

Artikel Terkait