• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Tapal Kuda

PCNU Lumajang Ajak Nahdliyin Dukung Penuh Keberadaan BMTNU

PCNU Lumajang Ajak Nahdliyin Dukung Penuh Keberadaan BMTNU
KH Ahmad Syaikhu, Wakil Katib PCNU Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
KH Ahmad Syaikhu, Wakil Katib PCNU Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

KH Ahmad Syaikhu, Wakil Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang mengajak seluruh warga dan pengurus NU di semua tingkatan untuk mendukung Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) atau Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Lumajang.


Hal itu disampaikan saat sambutan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) BMTNU Lumajang. Kegiatan tersebut dipusatkan di Warung Pondok Asri Sukodono, Lumajang, pada Sabtu (26/02/2022).


Kiai Syaikhu mengatakan, dukungan dari Nahdliyin untuk perkembangan dan kemajuan BMTNU hendaknya 100 persen, tidak kurang juga tidak lebih.


"Ya, kalau kemudian ada naik turunnya, turun ke 90 persen atau naik ke 105 persen, kemudian usahakan lagi kembali lurus di tengah-tengah yaitu 100 persen," tutur alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo itu.


Kiai Syaikhu beralasan, dukungan bila mencapai 100 persen dinilai penting karena menunjukkan kestabilan. Sehingga, jika dukungan ini menurun sampai 1 persen atau minus, jangankan mendukung, menanyakan perkembangan BMTNU saja tidak akan pernah terbersit.


"Bahkan, ada yang di bawah 1 persen hingga minus, sehingga kemana-mana malah mempertanyakan, bukannya simpati tapi malah antipati, kira-kira BMTNU ini sungguhan apa tidak dan seterusnya. Karena tidak sedikit pengurus atau pun warga yang demikian terkait keberadaan BMTNU," lanjutnya.


Sebaliknya, jika dukungannya terlalu berlebihan sampai melebihi 100 persen, maka ujung-ujungnya akan menyebabkan perasaan bahwa BMTNU ini miliknya sendiri tanpa memberi kesempatan pada anggota lainnya.


"Sehingga nantinya suka meminta fasilitas-fasilitas khusus, misal ingin pinjam dengan cepat membayarnya belakangan dan lain-lain," imbuh Kiai Syaikhu.


Dirinya berharap, dengan RAT perdana ini BMTNU Lumajang semakin dikenal publik dan mendapat kepercayaan dari masyarakat luas, khususnya warga NU. Untuk mencapai itu, dirinya berpesan agar pelayananan semakin ditingkatkan dan kualitas terus dibenahi.
 


"Semoga ini semua benar-benar menjadi awal yang baik dan berkah, sehingga BMTNU Lumajang terus berkembang," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru