• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Matraman

Dirikan BMTNU, Upaya PCNU Kota Madiun Berdayakan Ekonomi Umat

Dirikan BMTNU, Upaya PCNU Kota Madiun Berdayakan Ekonomi Umat
Kantor BMTNU Kota Madiun siap memberikan pelayanan kepada warga. (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah)
Kantor BMTNU Kota Madiun siap memberikan pelayanan kepada warga. (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah)

Madiun, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Madiun menggelar Tasyakuran Pembukaan Kantor Baitul Maal Wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU). Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor BMTNU Jalan Kolonel Marhadi Manguharjo Kota Madiun pada Rabu (02/02/2022).

 

Turut hadir dalam acara tersebut KH Agus Mushofa Izzudin atau Gus Shofa Ketua PCNU Kota Madiun beserta jajaran pengurus, perwakilan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), dan perwakilan Badan Otonom (Banom) NU se-Kota Madiun. Acara berlangsung sederhana namun penuh khidmat dirangkai dengan pemotongan tumpeng oleh Gus Shofa.

 

Dalam sambutannya, Gus Shofa mengungkapkan, BMTNU tersebut nantinya juga bisa mengelola zakat maal, sehingga akan sinergi dengan NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU), baik dalam hal infaq, shodaqoh maupun zakat.

 

"Zakat yang akan dikelola  BMTNU ini adalah zakat produktif. Kalau zakat profuktif, orang bisa memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan, tetapi kalau zakat konsumtif kita berikan sesaat, mereka akan lupa dengan yang memberikan," ungkapnya.

 

Ia berharap dengan adanya BMTNU ini bisa membantu perekonomian masyarakat Kota Madiun. Karena pendirian BMTNU merupakan bentuk usaha sadar dalam memberdayakan ekonomi masyarakat.

 

"BMTNU ini adalah lembaga perbankan, walaupun kecil insyaallah bisa membantu masyarakat Kota Madiun," tuturnya.

 

Terpisah, Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kota Madiun, Abas Hasan menyampaikan, pendirian BMTNU tersebut adalah amanat bagi lembaganya yang harus dikelola dan dikembangkan sehingga nantinya bisa bermanfaat untuk umat.

  

"Ini adalah amanat bagi saya, maka saya mohon doa restu untuk bisa melaksanakan amanah ini semaksimal mungkjn dan mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan," ujarnya.


Editor:

Matraman Terbaru