• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Sejumlah Rumah di Sidoarjo Diterjang Angin Kencang, LAZISNU Kirim Bantuan

Sejumlah Rumah di Sidoarjo Diterjang Angin Kencang, LAZISNU Kirim Bantuan
LAZISNU Krian, Sidoarjo saat memberikan bantuan kepada korban terdampak angin kencang. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
LAZISNU Krian, Sidoarjo saat memberikan bantuan kepada korban terdampak angin kencang. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Hujan lebat disertai angin kencang kerap terjadi di Kabupaten Sidoarjo belakangan ini. Termasuk bencana angin kencang yang menerjang tiga desa/kelurahan di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo beberapa hari lalu.

 

Untuk itu, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Krian, Sidoarjo turun tangan memberikan bantuan kepada warga terdampak.

 

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Krian, KH Nur Hadiq menuturkan, bantuan yang disalurkan tersebut sebagai bentuk kepedulian Nahdlatul Ulama (NU) dalam penanganan terhadap korban bencana angin kencang di wilayah Kecamatan Krian.

 

“LAZISNU Krian beserta unsur lembaga dan badan otonom (banom) NU Krian, Sidoarjo telah melaksanakan rangkaian kegiatan kemanusiaan penanganan bencana alam, baik angin kencang maupun korban APG Gunung Semeru Lumajang beberapa waktu yang lalu,” tuturnya saat mendampingi penyaluran bantuan kepada korban terdampak bencana.

 

Sementara itu, Ketua Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) LAZISNU MWCNU Krian, H Moch Saichu mengungkapkan, pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa dana kemanusiaan bagi sejumlah korban bencana angin kencang yang tersebar di tiga titik. 

 

“Yakni, Kelurahan Tambakkemerakan, Desa Jerukgamping, dan Desa Gamping, Kecamatan Krian,” ungkapnya kepada NU Online Jatim.

 

Disebutkan, bahwa bantuan tersebut merupakan hasil donasi masyarakat dan program gerakan Koin NU Peduli yang memang salah satunya difungsikan untuk program tanggap bencana alam dan non alam. 

 

Lebih lanjut, H Saichu mengungkapkan, bantuan tersebut disalurkan melalui pemerintah desa setempat untuk kemudian diteruskan kepada warga desa yang terdampak bencana.

 

“Hari ini kami bersama Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Kecamatan Krian membagikan bantuan dana peduli bencana angin kencang. Yang mana terdapat sebanyak tujuh belas rumah dan tempat usaha yang rusak akibat bencana ini,” ungkapnya.

 

Kepala Kelurahan Tambakkemerakan Kecamatan Krian, Wulyono mengapresiasi atas bantuan dan kepedulian yang diberikan oleh NU kepada warganya yang terdampak bencana angin kencang.

 

“Terima kasih NU atas bantuan dan kepeduliannya telah sedikit membantu meringankan beban warga kami yang terdampak bencana angin kencang,” katanya.

 

Hal senada juga disampaikan Heli Sulis, warga Kelurahan Tambakkemerakan yang menjadi salah satu korban terdampak bencana angin kencang. Dirinya pun mengaku senang usai menerima bantuan tersebut.

 

“Bantuan ini sangat bermanfaat untuk tambahan perbaikan rumah saya,” ucapnya.

  

Diketahui, banyak ragam kegiatan kemanusiaan peduli bencana yang telah dilaksanakan oleh NU Krian beberapa waktu terakhir. Di antaranya bantuan bencana korban APG Gunung Semeru Lumajang, musibah angin kencang, serta pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kecamatan Krian.


Metropolis Terbaru