• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Jujugan

Bukit Jaddih Bangkalan, Pesona Tebing yang Mampu Lenyapkan Penat

Bukit Jaddih Bangkalan, Pesona Tebing yang Mampu Lenyapkan Penat
Pemandangan dari ketinggian Bukit Jaddih di Bangkalan. (Foto: NOJ/SSm)
Pemandangan dari ketinggian Bukit Jaddih di Bangkalan. (Foto: NOJ/SSm)

Bangkalan, NU Online Jatim
Banyak destinasi wisata alam yang tersedia di Madura, termasuk Bangkalan. Bukit Jaddih adalah di antara wahana yang bisa dijadikan pilihan untuk melepas penat dengan suguhan pemandangan alam nang eksotis. 
 

Lokasi Bukit Jaddih ada di Desa Jakan, Kecamatan Socah dan sangat cocok bagi mereka yang memiliki kegemaran wisata foto. Karena pemandangan yang tersedia cukup memukau dan sangat layak diabadikan. Apalagi mereka yang memang memiliki keahlian memodivikasi gambar. Keindahan alam yang ditawarkan semakin lengkap.
 

Bukit Jaddih sejatinya adalah tambang kapur. Uniknya, saat ini pertambangan masih berlangsung, sehingga ada alat berat dan truk yang berlalu-lalang mengangkut batu kapur. 
 

Menuju Bukit Jaddih tidak terlalu susah. Dari Surabaya setelah melewati Jembatan Suramadu, langsung saja gunakan aplikasi pencari arah. Meski letaknya gampang dicari, tapi tetap harus waspada karena jalan ke Bukit Jaddih terhitung sempit dan beberapa titik berlubang. Hanya butuh sekitar 20 menit dari Jembatan Suramadu ke Bukit Jaddih. 
 

Cukup membayar Rp20.000 untuk parkir mobil dan Rp5.000 per orang untuk masuk ke lokasi. Sesampainya di Bukit Jaddih, cobalah naik rakit yang disewakan dengan harga Rp 5.000 per orang. Di danau buatan yang airnya berwarna hijau, pengunjung akan mendapat spot yang sangat indah. Dikelilingi tembok-tembok bukit kapur yang terpahat cerahnya langit adalah kombinasi serasi. Jangan takut, kedalaman air di danau itu rata-rata 70 sentimeter (cm). 
 

Setelah puas naik rakit, langkahkan kaki ke rongga-rongga bukit. Di sini, maksimalkan spot untuk pengambilan foto sebagai kenang-kenangan. Jangan lewatkan bermain di kolam renang yang tersedia. Terasa segar, panasnya perbukitan kapur diredam air kolam renang. Untuk yang mau berbelanja, ada toko aksesoris Goa Pote. 
 

Salah seorang pengunjung Bukit Jaddih asal Probolinggo, bernama Dyah Pramesti mengaku terkesan dengan keindahan tempat wisata ini. 
 

"Meski wisata di area tambang sudah ada di beberapa tempat lain, di Bukit Jaddih ini sangat bagus karena ada berbagai fasilitas pendukung," katanya.
 

Penasaran dengan pesona alam di Bangkalan sembari melewati jembatan Suramadu? Bukit Jaddih dapat menjadi pilihan, sembari singgah di destinasi dan wisata kuliner Bangkalan lainnya.


Editor:

Jujugan Terbaru