• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Jujugan

Pantai Tengket Bangkalan Sajikan Panorama Senja dan Pasir Putih

Pantai Tengket Bangkalan Sajikan Panorama Senja dan Pasir Putih
Panorama senja dan keindahan pasir putih di Pantai Tengket Bangkalan. (Foto: NOJ/ Ryan Syarif H)
Panorama senja dan keindahan pasir putih di Pantai Tengket Bangkalan. (Foto: NOJ/ Ryan Syarif H)

Bangkalan, NU Online Jatim

Akhir pekan kerap kali dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke tempat-tempat wisata seperti taman, gunung, maupun pantai. Di Kabupaten Bangkalan, destinasi wisata pantai menjadi primadona wisatawan. Salah satu yang banyak dikagumi adalah Pantai Tengket Sepulu di Desa Maneron, Kecamatan Sepulu.

 

Lokasi Pantai Tengket dari pusat kota Kabupaten Bangkalan berjarak sekitar 30 kilometer, dengan estimasi perjalanan kurang dari satu jam. Pengunjung tak perlu kebingungan menuju lokasi, karena ada sejumlah penanda di pinggir jalan yang mengarah langsung ke lokasi wisata.

 

Pantai Tengket memiliki pesona alam yang indah dengan pasir putih, air laut yang biru, dan pemandangan pohon cemara di sekitarnya. Daya tarik lain yang dimiliki Pantai Tengket ialah saat panorama senja saat matahari hendak terbenam di ufuk barat.

 

Ya, posisinya Pantai Tengket ini berada di kawasan Pantai Utara atau Pantura, sehingga saat matahari mulai terbenam sangat terlihat jelas dari pantai ini. Keindahan sunset yang disajikan membuat mata tak ingin berkedip.

 

Tak hanya itu, Pantai Tengket juga dilengkapi dengan banyaknya spot-spot menarik di sekitar pantai yang bisa dijelajahi. Pantai ini menyediakan banyak gazebo yang berjejer. Gazebo atau saung-saung kecil ini sangat cocok dijadikan tempat bersantai sambil menikmati suara ombak. Pengunjung juga bisa bermain ayunan sembari menikmati keteduhan pohon cemara.

 

Pantai Tengket menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan garis pantai yang panjang dan air laut yang jernih. Pasir putih yang lembut menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Meski lokasinya tidak terlalu luas, namun menyajikan alam yang sangat indah.

 

Pantai ini juga memiliki nilai sejarah dan keramat yang tinggi, karena di dekatnya terdapat petilasan almarhum Kiai Khalilurrahman atau yang familiar dengan Ra Lilur. Ia adalah cicit dari mahaguru ulama Nusantara Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan.

 

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Tengket tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Pengunjung hanya diminta untuk membayar parkir sepeda motor sebesar Rp5000 atau Rp20.000 untuk kendaraan roda empat.


Jujugan Terbaru