• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Pemerintahan

Program PLN Peduli, Desa Wisata Betet Nganjuk Jadi Destinasi Populer

Program PLN Peduli, Desa Wisata Betet Nganjuk Jadi Destinasi Populer
Desa wisata Betet Nganjuk. (Foto: Dinas Kominfo Nganjuk)
Desa wisata Betet Nganjuk. (Foto: Dinas Kominfo Nganjuk)

Nganjuk, NU Online Jatim
Pengembangan konsep desa wisata di Desa Betet, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. 


Melalui program PLN Peduli, yakni program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) BUMN yang dijalankan PT PLN (Persero), desa wisata yang mengusung konsep pertanian tersebut telah resmi menjadi destinasi populer dan ramai dikunjungi masyarakat.


Dengan spot pemandangan alam, kuliner, dan sentra UMKM, pengembangan Desa Wisata Betet tentunya tak lepas dari peran pemerintah. Hal ini seperti yang disampaikan Komisaris Independen PLN, Alex Munaf, Rabu (20/07/2022).


Pihaknya mengatakan, TJSL PLN dapat memberikan dampak bagi masyarakat baik secara ekonomi maupun lingkungan. “Melalui program PLN ini diharapkan berdampak pada sektor pariwisata lokal dan tentunya membawa peningkatan ekonomi di wilayah setempat,” katanya.


Sementara Kepala Dusun (Kasun) Betet yang juga merupakan salah satu local hero pemrakarsa Desa Wisata Betet, Achmad Syaikhu menyebutkan desa wisata tani tersebut telah diinisiasi sejak tahun 2017.


“Ini terus tumbuh dan berkembang menjadi wisata milenial yang mengkolaborasikan penerapan teknologi dan sektor pertanian. Serta dalam pengembangannya mampu memberdayakan masyarakat dan UMKM sekitar,” jelasnya.


Dijelaskan, pertumbuhan perekonomian masyarakat di Desa Betet sangat terasa. Saat ini telah ada 64 pedagang di lingkungan desa wisata. “Berkat program TJSL PLN ini lapangan pekerjaan kian terbuka luas. Kami berharap PLN terus berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,” pungkasnya.


Pemerintahan Terbaru