• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Kediri Raya

Begini Cara UNU Blitar Kenalkan Teknologi kepada Masyarakat Desa

Begini Cara UNU Blitar Kenalkan Teknologi kepada Masyarakat Desa
Himatika UNU Blitar melakukan pemberdayaan desa melalui teknologi. (Foto: NOJ/Ika NF)
Himatika UNU Blitar melakukan pemberdayaan desa melalui teknologi. (Foto: NOJ/Ika NF)

Blitar, NU Online Jatim

Sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika atau Himatika Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar melakukan pemberdayaan desa. Kali ini melalui program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yaitu Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D).

 

Yang dilakukan dengan pengembangan budidaya tanaman hidroponik lewat media hasil pengolahan sampah organik menggunakan sistem instalasi otomatis. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

 

Hadir pada kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNU Blitar, Ahmad Izzudin yang kemudian mengenalkan kepada masyarakat pada Sabtu (10/07/2021). Acara dipusatkan di Desa Sidodadi, Kecamatan Garum.

 

“Dengan adanya kegiatan ini merupakan suatu langkah untuk bersinergi antara desa dengan mahasiswa dalam mengembangkan ilmu yang sudah didapat,” kata H Narno.

 

Kepala Desa Sidodadi tersebut menyampaikan bahwa apa yang dilakukan mahasiswa dalam rangka ikut serta membangun desa. Apalagi ini merupakan program lanjutan, pertanian hidroponik dengan menggunakan sistem otomatis.

 

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada UNU Blitar, sudah berinisiatif dan berusaha mencari program untuk membangun desa," katanya.

 

Sementara itu, Ahmad Izzudin menjelaskan bahwa kampus memiliki kewajiban untuk terjun dan mengabdi ke masyarakat. Adanya kegiatan ini merupakan wujud pengabdian kampus melalui program yang sudah disediakan pemerintah.

 

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan dan  mengembangkan potensi yang ada di masyarakat desa sehingga kemampuan masyarakat akan terasah dan ekonomi masyarakat meningkat," ungkapnya.

 

Dirinya berharap apa yang dilakukan P3D akan tepat sasaran. Demikian pula disampaikan bahwa teknologi akan terus berkembang, sehingga semua pihak harus bisa memanfaatkan secara baik.

 

"Maka dari itu Himatika ini diharapkan menjadi pelopor mengabdikan diri ke masyarakat melalui program yang sudah dilaksanakan," pungkas dia.

 

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ketat tersebut juga dihadiri jajaran pengurus desa, Kepala Program Studi Matematika UNU Blitar, Rizka Rizqi Robby, serta dosen pembimbing tim P3D, Rachmadania Akbarita. 

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Kediri Raya Terbaru