• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 4 Oktober 2022

Kediri Raya

Dakwah Berbaur dengan Milenial, MDS RA Kota Kediri Diapresiasi

Dakwah Berbaur dengan Milenial, MDS RA Kota Kediri Diapresiasi
Ketua PW MDS RA Jawa Timur, HM Nailur Rochman atau Gus Amak. (Foto: NOJ/ A Muwaffaq)
Ketua PW MDS RA Jawa Timur, HM Nailur Rochman atau Gus Amak. (Foto: NOJ/ A Muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor (RA) Jawa Timur, HM Nailur Rochman atau Gus Amak mengapresiasi keunggulan MDS RA Kota Kediri yang memiliki program-program bagus di luar kebanyakan gaya dakwah. Di antaranya program dakwah di cafe dan mall.
 

Hal ini disampaikan Gus Amak saat pelantikan Pimpinan Cabang (PC) MDS RA Kota Kediri di Hotel Grand Surya pada Selasa (22/02/2022).
 

Ia menyebut bahwa PC MDS RA Kota Kediri sudah bagus. Sebab, meskipun belum dilantik sudah bisa membuat gerakan dakwah yang dapat berbaur dengan kaum milenial. "Bisa-bisanya dakwah di cafe, mall dan sekarang tetap dapat berlanjut dengan online," ungkapnya.
 

Gus Amak menambahkan, kegiatan dakwah MDS RA di perkotaan memang harus dikemas dengan kebutuhan masyarakat yang memiliki karakter heterogen.
 

"Buat program sosial, kesehatan dan layanan dakwah sesuai kebutuhan mereka, seperti ngaji tidak perlu terlalu lama misalnya 15 menit. Karena orang kantoran, perusahaan yang punya rutinitas padat dan (ngajinya) tidak sampai mengganggu jadwal mereka," imbuhnya.
 

Gus Amak mengingatkan bahwa kebutuhan masyarakat kota memiliki fanatisme rendah. Sehingga harus dicarikan sosuli yang dapat diterima.
 

"Maka ketika menghadapi masyarakat seperti itu, mereka tidak mau tahu benderanya apa, yang penting nyaman, mereka akan memgikuti gerakan itu,” katanya.
 

Ia menegaskan, kemasan dakwah yang lebih relevan dengan isu dan kondisi zaman harus dioptimalkan. “Semoga MDS RA Kota Kediri sebagai percontohan untuk kawasan Jatim dan perkotaan," pungkas Gus Amak.


Editor:

Kediri Raya Terbaru