• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Kediri Raya

Juara se-Jatim, Ragam Inovasi dan Pelayanan Dilakukan Kelurahan di Blitar

Juara se-Jatim, Ragam Inovasi dan Pelayanan Dilakukan Kelurahan di Blitar
Suasana pelayanan di Kelurahan/Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, yang, mengantarkannya juara se-Jatim. (Foto: NOJ/ Binti Masruroh)
Suasana pelayanan di Kelurahan/Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, yang, mengantarkannya juara se-Jatim. (Foto: NOJ/ Binti Masruroh)

Blitar, NU Online Jatim

Dalam ajang perlombaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur, Kota Blitar berhasil menorehkan penghargaan. Raihan penghargaan tersebut diwakili oleh Kelurahan Sananwetan, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar yang terpilih jadi pemenang 2.

 

Lurah Sananwetan, Heri Sukatjo mengatakan dalam ajang tersebut tidak lepas dari kerjasama semua pihak. Warga setempat juga turut antusias mensukseskan agenda tersebut.

 

Disebutkan oleh Heri, sebelum beranjak ke ajang tingkat Provinsi Jawa Timur, Kelurahan Sananwetan juara 1 di tingkat kecamatan hingga kabupaten. “Dan di tingkat provinsi kita masih diberi kesempatan juara 2. Ini hal yang patut disyukuri,” tutur Heri.

 

Selain inovatif, pelayanan terhadap warga dimaksimalkan di Kelurahan Sananwetan. Salah satunya ialah pelayanan kepada masyarakat di luar jam kerja. Selain itu, jika menyangkut nasib dan nyawa seseorang, seperti mau melahirkan tidak ada biaya harus minta surat keterangan miskin, melamar pekerjaan, pendidikan, kapan pun akan dilayani.

 

“Jika membutuhkan sesuatu pukul berapa saja kami siap. Bisa mengetuk pintu rumah jam berapa pun. Karena saya ingin mengabdikan diri sepenuhnya kepada masyarakat,” ungkapnya.

 

Selain itu, untuk mempermudah pelayanan kepada warga, Kelurahan Sananwetan menggunakan aplikasi e-lampion. Bahkan, semua hal yang dibutuhkan masyarakat tidak dipungut biaya.

 

“Kami juga memiliki beberapa komunitas masyarakat, yaitu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), RT/RW, Kelompok Wanita Tani (KWT), Bang Sampah, Home Industri, dan Kesenian. Program tersebut semuanya berjalan, bahkan ada beberapa dari produk industri yang diekspor hingga luar negri,” jelasnya.

 

Diceritakan, bahwa di Kelurahan Sananwetan juga dibangun Patung Bung Karno. Hal ini dilakukan mengingat Blitar adalah tempat presiden pertama Republik Indonesia tersebut dilahirkan.

 

“Pendirian patung tersebut diinisiasi oleh komunitas pemuda di Gebang Kidul yang menamakan diri ‘Bangkit’,” pungkasnya.

 

Penulis: Binti Masruroh


Kediri Raya Terbaru