• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Kediri Raya

Ketua PWNU Jatim Akan Hadiri Puncak Hari Santri di Tulungagung

Ketua PWNU Jatim Akan Hadiri Puncak Hari Santri di Tulungagung
KH Marzuki Mustamar siap meriahkan puncaj Hari Santri di Tulungagung. (Foto: NOJ/ MT)
KH Marzuki Mustamar siap meriahkan puncaj Hari Santri di Tulungagung. (Foto: NOJ/ MT)

Tulungagung, NU Online Jatim

Sekalipun di tengah era pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat Nahdliyin di Tulungagung untuk menyongsong Hari Santri 2020. Dan dalam pelaksanaannya, Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Tulungagung berkomitmen untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak terkait.

 

KH Muhtarom selaku ketua panitia menyampaikan bahwa telah berkoordinasi dengan pihak terkait, di antaranya Bupati Tulungagung, Sekretaris Daerah (Sekda), Kasubag Kesra, Kapolres, dan jajaran pengurus badan otonom atau Banom.

 

“Kesuksesan peringatan hari santri tentu perlu dukungan  dan kerja sama yang baik antar pemerintah dan semua elemen NU,” katanya, Rabu (21/10/2020).

 

Dijelaskannya bahwa dalam memperingati hari santri, NU Tulungagung menggelar tujuh perlombaan dan dua kegiatan,” ungkap pria yang juga Sekretaris PCNU Tulungagung tersebut.

 

Sedangkan rangkaian acara di antaranya lomba khitabah, pujian sebelum shalat, baca tahlil, lomba terbangan manten, baca kitab kuning, seni pencak silat, senam santri, apel dan pengajian hari santri.

 

Dalam setiap mata lomba, NU setempat mengamanahkan kesuksesannya kepada beberapa Banom sebagai penanggungjawab. Seperti khitabah, telah dilaksanakan Pimpinan Cabang Muslimat NU pada Ahad (18/10/10), dan pujian sebelum shalat dilaksanakan oleh PC Fatayat NU, Selasa (20/10/20).

 

“Acara didukung dan fasilitasi Pemkab Tulungagung,” katanya.

 

Ada dua kegiatan peringatan hari santri yang akan mengumpulkan masa, yakni dilaksanakan di halaman Pendopo Kongas Arum Kusumanig Bongso, yaitu apel dan pengajian.

 

Diterangkannya, kegiatan di tengah pandemi Covid-19 berdampak pada pengerahan masa dan tentu berbeda pada peringatan sebelumnya. Pada kegiatan masa yang dilaksanakan di pendopo akan ada pembatasan masa, kurang lebih 100 undangan.

 

Sedangkan pada pelaksanaan apel, para petugas diisi Banom NU. Mulai instruktur upacara dari Banser, Fatayat NU sebagai paduan suara, dan petugas alainnya melibatkan Ansor, IPNU, dan lainnya.

 

Pada malam puncak pengajian akan dihadiri oleh KH Marzuki Mustamar selaku Ketua Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Dan tentu kegiatan dihadiri bupati, Ketua DPRD, Sekda, Kapolres, kepala dinas, dan segenap perwakilan Banom sampai tingkatan Pimpinan  Anak Cabang.

 

Malam puncak yang dilaksankan di pendopo Tuluangagung akan semakin meriah dengan pengumaman pemenang lomba sekaligus penyerahan hadiah, Jumat (30/10/20).

 

KH Muhtarom memberikan aprisiasi kepada seluruh pihak terkait yang mendukung terselenggaranya peringatan hari santri.

 

“Khususnya kepada Pemkab Tulungagung yang senantiasa mendukung penuh peringatan hari santri,” pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Kediri Raya Terbaru