• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 Agustus 2022

Kediri Raya

NU Blitar Laporkan Progres Jamiyah saat Turba

NU Blitar Laporkan Progres Jamiyah saat Turba
Kiai Masdain Rifai Ahyad menyampaikan laporan perkembangan PCNU Kabupaten Blitar. (Foto:NOJ/INF).
Kiai Masdain Rifai Ahyad menyampaikan laporan perkembangan PCNU Kabupaten Blitar. (Foto:NOJ/INF).

Blitar, NU Online Jatim

Serangkaian Turba untuk Silaturahim dan Konsolidasi Jam’iyyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menyasar Blitar Raya. Kegiatan dipusatkan di di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar, Ahad (06/06/2021).

 

Pada kesempatan ini, H Abdul Mujib Syadzili, Wakil Sekretaris PWNU Jawa Timur menyampaikan beberapa program yang diusung PWNU Jatim. Di antaranya, Gerakan Pengkaderan dan Pendataan Anggota, Gerakan Pendidikan Berkualitas, Gerakan Kemandirian Ekonomi, Gerakan Kesehatan, dan Gerakan Literasi Dakwah.

 

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar, Kiai Masdain Rifai Ahyad menyampaikan, dari sejumlah sektor tersebut PCNU Kabupaten Blitar sudah berjalan dengan baik. Hal ini disampaikan saat penyampaian laporan perkembangan PCNU Kabupaten Blitar di momen Turba tersebut.

 

Beberapa program sudah bergerak pesat seperti Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kabupaten Blitar yang mewujudkan ekonomi mandiri masyarakat Nahdliyin melalui asosiasi pengolahan karak, jelantah dan pemberdayaan Badan Usaha Milik NU (BUMNU) yang produknya sudah tembus ke pasar ekspor.

 

“Kami mengajak masyarakat yang bergerak di sektor ekonomi agar tidak menekankan bagi hasil untuk organisasi, melainkan untuk masyarakat itu sendiri. Hal ini agar tercipta kemandirian ekonomi pada masyarakat Nadliyin,” jelas Kiai Dain, panggilan akrabnya.

 

Kiai Dain menambahkan, selain sektor ekonomi PCNU Kabupaten Blitar juga sudah melaksanakan pengkaderan baik dari pengurus maupun badan otonom (banom) yang lainnya.

 

Sektor pendidikan, Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU juga sudah bergerak dengan melaksanakan berbagai kerja sama dengan banom untuk mengawal pendidikan di Blitar.

 

“Hal ini semakin diperkuat dengan adanya Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, yang menyediakan Program Beasiswa Warga NU dan Beasiswa Kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Hal ini tidak lain diharapkan dapat menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) NU yang unggul,” imbuh Kiai Dain.

 

Untuk kesehatan, PCNU Kabupaten Blitar memiliki aset bersama untuk Fasilitas Kesehatan (Faskes) yaitu Rumah Sakit (RS) NU Siti Khodijah. Kesejahteraan masyarakat juga terus diupayakan oleh PC Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Blitar, dengan memberikan sejumlah bantuan.

 

“Di antaranya bantuan untuk masyarakat yang terdampak gempa di Blitar beberapa waktu lalu yang juga melibatkan PC Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Blitar,” ujar Kiai Dain.

 

Menurut Kiai Dain, beberapa fokus program yang diusung oleh PWNU Jatim yang belum terlaksana akan dijadikan program prioritas di PCNU Kabupaten Blitar.

 

“Sedang program-program yang sudah berjalan akan dikuatkan, baik di tingkat PC, MWC, ataupun ranting,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Kediri Raya Terbaru