• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Kediri Raya

Ikhtiar NU Blitar Atasi Problem Pengembangan Jamiyah

Ikhtiar NU Blitar Atasi Problem Pengembangan Jamiyah
Turba PWNU Jatim di Kabupaten Blitar, Ahad (06/06/2021). (Foto: NOJ/ Syaifullah)
Turba PWNU Jatim di Kabupaten Blitar, Ahad (06/06/2021). (Foto: NOJ/ Syaifullah)

Blitar, NU Online Jatim

Setiap kawasan memiliki problem yang berbeda dengan daerah lain. Demikian juga dalam mengembangkan jamiyah atau organisasi seperti Nahdlatul Ulama.

 

Pengalaman tersebut disampaikan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Blitar, KH Habib Bawafi. "Masyarakat di kawasan kota berbeda dengan di pedesaan. Salah satu yang sangat terasa adalah terkait keaktifan dalam NU,” katanya saat agenda Turba Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Sabtu (06/06/2021).

 

Dikemukakan bahwa hal itu juga yang menjadikan geliat NU di kawasan kota berbeda. Kendati demikian, dari sisi amaliyah Nahdliyah tetap terjaga.

 

"Kalau dari sisi amaliyah, sejumlah tradisi ala NU masih terjaga dengan baik. Hanya saja, terkait aktif di NU, masih perlu perjuangan," jelasnya.

 

KH Habib Bawafi mengemukakan bahwa perlu pendekatan khusus kepada warga kawasan kota. Dan tentu saja hal tersebut berbeda dengan daerah pedesaan.

 

Oleh sebab itu, dirinya bersama pengurus NU melakukan komunikasi yang khas dengan tradisi keagamaan yang ada.

 

Selain itu, PCNU Kota Blitar juga memiliki beberapa program untuk keberlangsungan organisasi yaitu mencakup berbagai sosialisasi keagamaan dengan turun ke bawah (turba), kemudian adanya NU Mart yang akan diresmikan pada 20 Juni mendatang. Serta program unggulan PCNU Kota Blitar adalah adanya kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) An-Nahdliyah satu-satunya KBIH yang sah di Kota Blitar.

 

 

Turba PWNU Jatim kali ini digelar di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Kegiatan diikuti oleh PCNU Kota dan Kabupaten Blitar. Tampak hadir Wakil Rais PWNU Jatim, KH Anwar Iskandar. Demikian juga KH Marzuki Mustamar selaku Ketua PWNU Jatim.

 

Usai di Kota Blitar, kegiatan turba PWNU Jatim berlanjut ke Kediri. Acara dipusatkan di gedung serbaguna PCNU Kabupaten Kediri.

 

Editor: Romza


Editor:

Kediri Raya Terbaru