• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Kediri Raya

Rakorwil IPNU Jatim Tegaskan Konsensus Pelajar Menyongsong Era Baru

Rakorwil IPNU Jatim Tegaskan Konsensus Pelajar Menyongsong Era Baru
Rakorwil PW IPNU Jatim di Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani).
Rakorwil PW IPNU Jatim di Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani).

Blitar, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur mengelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Pondok Pesantren Jati Sanan, Desa Kamulan, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar pada Sabtu-Ahad (12-13/06/2021). Dalam acara tersebut, M Zainuddin, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar memberikan arahan tentang Konsensus pelajar dalam menyongsong era baru.

 

Menurut akademisi yang menyandang profesor ini, makna konsensus harus memiliki komitmen di era baru yang meliputi Revolusi Industri 4.0, Industri 5.0 dan menyongsong indonesia emas tahun 2045. Hal tersebut yang perlu dikuatkan, bagaimana cara agar agar bisa dipegang oleh kader-kader IPNU.

 

Pertama yang perlu dilakukan adalah jujur. “Kenapa harus jujur? Karena sekarang zamannya era digital maka dari itu perlu dikuasai,” ungkap Prof M. Zainuddin.

 

Selanjutnya kader IPNU harus bertanggung jawab. Seperti halnya ketika mengirim laporan melalui email, atau pesan di whatsapp tidak bisa menariknya kembali karena sudah terekam.

 

“Maka dari itu tanggung jawab perlu diajarkan sejak dini, agar ketika perang di era digital kita menang,” jelasnya.

 

Kedisiplinan kader IPNU juga perlu dikuatkan, sebab disiplin adalah nyawa dari suatu organisasi. Jika pelajar tidak disiplin, IPNU tidak akan ada nyawanya sehingga bukan lagi kemajuan yang didapat melainkan keruntuhan yang akan menanti.

 

 

“Ini yang harus dilakukan oleh kader IPNU dalam rangka menjaga konsensus pelajar karena sudah era digital, dan menjadikan IPNU kader yang militan,” pungkas M zainuddin.

 

Editor: Romza


Editor:

Kediri Raya Terbaru