• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Keislaman

Berapa Durasi Khutbah Jumat yang Ideal ?

Berapa Durasi Khutbah Jumat yang Ideal ?
Khatib menyampaikan materi secukupnya agar jamaah tidak bosan (Foto:NOJ/kemenag.go.id)
Khatib menyampaikan materi secukupnya agar jamaah tidak bosan (Foto:NOJ/kemenag.go.id)

Khutbah Jumat selain menjadi salah satu keabsahan didirikannya Jumatan, ia juga berperan penting terkait substansi dan teknis penyampaiannya agar didengar jamaah. Karena itu, isi dan cara penyampaian khutbah hendaknya mengena dan tidak menimbulkan kejenuhan sehingga bisa diambil manfaatnya oleh Jamaah.


Berkaitan dengan hal itu, salah satu yang sering dipermasalahkan adalah mengenai durasi khutbah. Lazim terjadi di tengah masyarakat, sebagian khatib menyampaikan khutbahnya dengan sangat panjang sehingga para Jamaah bosan dan mengantuk. Sebaliknya, khutbah yang terlampau pendek, dinilai tidak dapat dipahami substansinya dengan baik.


Pertanyaannya kemudian, berapa durasi khutbah yang ideal? Dalam sebuah riwayat disebutkan:


 كانت صلاة النبي صلى الله عليه وسلم قصدا وخطبته قصدا 


Artinya: Shalat dan khutbah Nabi itu sedang, yakni tidak kelamaan dan tidak cepat (HR. Muslim dan Abu Daud)


Syekh Abu Tayyib Syamsul Haq al-Azhim mengatakan:  


 وخطبته قصدا :القصد في الشيء هو الاقتصاد فيه وترك التطويل وإنما كانت صلاته صلى الله عليه واله وسلم وخطبته كذلك لئلا يمل الناس  والحديث فيه مشروعية إقصار  الخطبة ولا خلاف في ذلك  


Artinya: Maksudnya khutbah sedang adalah seimbang saat khutbah dan tidak memanjangkan khutbah. Shalat dan khutbah Nabi dilakukan dalam durasi sedang, agar manusia tidak bosan. Hadits ini menganjurkan meringkas khutbah, dan tidak ada perbedaan pendapat dalam hal tersebut. (‘Aun al-Ma’bud, juz 3, hal. 316)


Dengan demikian durasi khutbah ideal adalah yang “sedengan”, seimbang. Bila dikonversikan dalam sebuah ukuran, maka durasi khutbah Jumat yang ideal adalah 7-10 menit. Tujuannya agar jamaah Jumat tidak merasa bosan dan jenuh. Terlebih di antara para jamaah Jumat diisi karyawan, pegawai, mahasiswa, dosen yang notabene akan bekerja kembali selepas ibadah Jumat.


Editor:

Keislaman Terbaru