• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Keislaman

Masjid Disalahgunakan, Ini Doa Rasulullah SAW

Masjid Disalahgunakan, Ini Doa Rasulullah SAW
Masjid. Foto: NU Online
Masjid. Foto: NU Online

Fungsi keberadaan masjid yang paling utama adalah sebagai tempat ibadah. Tentunya, apabila masjid digunakan bukan sebagaimana fungsinya menjadi tidak baik.


Hal ini bahkan sudah pernah dicontohkan Rasulullah SAW yang mendoakan secara khusus mereka yang menyalahgunakan masjid untuk kepentingan pribadinya. Salah satunya transaksi jual beli yang hanya untuk kepentingan penjual dan pembeli.


Berikut ini doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kalau kita melihat orang melakukan transaksi jual-beli di dalam masjid.

 

 لَا أَرْبَحَ اللَّهُ تِجَارَتَك Lâ arbahallâhu tijârataka


Artinya, “Semoga Allah tidak menguntungkan usahamu.”


Bagaimana dengan kampanye di dalam masjid? Hemat kami, doa ini bisa dibaca dalam kondisi tersebut karena transaksi jual-beli memiliki pola serupa dengan aktivitas kampanye dalam rangka mengejar keuntungan.


Doa ini dikutip dari hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi seperti disebutkan Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. Wallahu a’lam.


Tulisan ini sudah pernah ditayangkan di NU Online dengan judul: Doa Rasulullah SAW saat Lihat Kampanye di Masjid


Editor:

Keislaman Terbaru