• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Matraman

PCNU Nganjuk Bangun Masjid dan Pusat Pendidikan

PCNU Nganjuk Bangun Masjid dan Pusat Pendidikan
Proses peletakan batu pertama pembangunan masjid PCNU Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NSY)
Proses peletakan batu pertama pembangunan masjid PCNU Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NSY)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk mulai melakukan pembangunan masjid dan pusat pendidikan yang terletak di Dusun Jali, Desa Bungur, Kecamatan Sukomoro. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan pada Selasa (05/01/2022).


Ketua PCNU Nganjuk, KH Moh Hasyim Afandi menyampaikan, nantinya masjid tersebut akan digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan bagi para santri dan masyarakat sekitar. 


“Bahkan, direncanakan di sekitar masjid juga akan dibangun pusat pendidikan, baik madrasah diniyah, pesantren tahfidzul qur’an dan yatim yang akan menjadi sentral lembaga pendidikan PCNU,” ujarnya.


Ia menambahkan, bahwa pembangunan tersebut merupakan bagian program strategis PCNU Nganjuk. Pihaknya pun menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh elemen NU dalam pembangunan masjid tersebut.


“Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan Nahdliyin. Kami berharap agar Nahdliyin dapat pula menjadi donatur pembangunan masjid ini,” harapnya. 


Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Nganjuk H Subhan Shafwan yang ditunjuk sebagai ketua panitia pembangunan mengatakan, cita-cita membangun masjid dan pusat pendidikan oleh PCNU Nganjuk sudah direncanakan sejak lama. 


“Selain itu, pihak wakif juga menginginkan agar tanah yang ia wakafkan bisa dibangun sebuah masjid,” sebutnya.


Dirinya pun menerangkan, bahwa masjid tersebut dibangun di atas tanah wakaf seluas 1.000 meter persegi dari Ibu Muji Rahayu yang diterima langsung Ketua PCNU Nganjuk. Di atas tanah itulah dibangun masjid seluas 14x14 meter persegi dan dua gedung madrasah.


Ia menambahkan, bahwa pembangunan tersebut diperkirakan akan memakan biaya sebesar Rp500 juta yang diperoleh dari donatur. Saat ini, donasi yang masuk mencapai Rp200 juta.


“Target kami pada bulan Ramadhan nanti masjid sudah bisa dibuat berjamaah dan dilanjutkan pembangunan gedung madrasah,” ucapnya.


Diketahui, sebelum dilakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid, terlebih dahulu dilakukan pembacaan tahlil dan doa yang dipimpin langsung oleh KH A Mahin Toha dan diiringi oleh Shalawat Ishari selama proses peletakan batu.
 


Hadir dalam peletakan batu pertama itu, Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo KH A Mahin Toha, Rais PCNU Nganjuk KH Ali Musthofa Said, Ketua PCNU Nganjuk KH Moh Haysim Afandi, Keluarga Ibu Muji Rahayu selaku wakif, serta tamu undangan.


Matraman Terbaru