• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Madura

Berdayakan Ekonomi, Swalayan NU di Pamekasan Diluncurkan

Berdayakan Ekonomi, Swalayan NU di Pamekasan Diluncurkan
Proses peluncuran Swalayan NU yang dikelola MWCNU Galis, Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)
Proses peluncuran Swalayan NU yang dikelola MWCNU Galis, Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim

Pemberdayaan ekonomi harus menjadi konsentrasi jamiyah. Hal tersebut agar kesejahteraan warga semakin meningkat.

 

Ikhtiar nyata dilakukan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Galis, Pamekasan. Yang dilakukan adalah dengan meluncurkan swalayan NU di jalan raya Pamekasan - Sumenep, Ponteh, Galis, Senin (15/02/2021) malam.

 

Peresmian swalayan NU ini diisi dengan shalawat, istigotsah bersama dan pemontongan tumpeng. Hal tersebut sebagai simbolis peluncuran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Khomaidi selaku manager swalayan mengatakan bahwa keberadaan toko modern ini atas inisiasi MWCNU Galis yang bekerja sama dengan BMT NU Jawa Timur.

 

"Makanya swalayan ini bukan milik saya, bukan milik BMT NU, tetapi miliki warga NU,” katanya.

 

Disampaikan bahwa dengan hadirnya swalayan tersebut diharapkan warga NU bisa berbelanja di swalayan yang ada.

 

"Ditambah lagi, di swalayan kami menyediakan boks khusus untuk menjual produk kearifan lokal milik anggota yang terdaftar di BMT, sehingga produknya terbantu untuk dijual," terangnya.

 

Kelebihan lain dari swalayan adalah dari sisi harga yang bersaing. Demikian pula kualitas terjamin dengan tetap menjaga profesionalitas, loyalitas dan ikatan emosional.

 

“Semoga menjadi jalan berkhidmat di NU melalui swalayan NU ini," katanya.

 

Kiai Zainal Abidin selaku manager BMT NU Jatim Cabang Pamekasan berharap dengan adanya swalayan, maka jamiyah semakin jaya.

 

"Besar jamaahnya, besar jam'iyahnya," tutur anggota MUI Pamekasan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Rakyat itu.

 

Sementara KH Masyhudi selaku Direktur BMT NU Jawa Timur mengapresiasi langkah yang dilakukan MWCNU Galis dalam mendirikan swalayan.

 

“Harapannya bisa menjadi motor penggerak bagi NU di kawasan ini,” katanya.

 

Hadir pada kegiatan ini dari kawasan Galis yakni KH Dahlan Masba selaku Ketua MUI, KH Ach Nawawi Thoha yang juga Mustasyar MWCNU, KH Ali Husnan Rais MWCNU.

 

Demikian pula KH Masyhudi selaku Direktur BMT NU Jawa Timur, Kiai Zainal Abidin sebagai Manager BMT NU Jatim Cabang Pamekasan, manager swalayan NU, Pengurus dan badan otonom MWCNU Galis dan masyarakat setempat.


Editor:

Madura Terbaru