• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Madura

Lakpesdam PCNU Sampang Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Lakpesdam PCNU Sampang Raih Penghargaan Tingkat Nasional
Piagam Penghargaan yang diterima Lakpesdam NU Sampang. Foto: Istimewa
Piagam Penghargaan yang diterima Lakpesdam NU Sampang. Foto: Istimewa

Sampang, NU Online Jatim

Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sampang mendapat penghargaan kategori pemberdayaan masyarakat dan advokasi. 
 

Penghargaan itu diterima saat acara temu nasional dan penganugerahan Lakpesdam award yang diselenggarakan oleh Lakpesdam PBNU menjelang Muktamar NU ke-34.
 

Acara yang dilaksanakan secara virtual ini dihadiri pengurus Lakpesdam PBNU, Lakpesdam PWNU di tingkat provinsi hingga Lakpesdam PCNU Kabupaten/Kota se-Indonesia, Jumat (17/12/2021). 
 

Ketua Lakpesdam PCNU Sampang Faisol Ramdani menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan evaluasi dan konsolidasi kinerja PBNU ke depan, sekaligus memberikan apresiasi terhadap kerja-kerja Lakpesdam PWNU dan PCNU se-Indonesia. 
 

"Sampang dinilai berhasil melakukan advokasi kebijakan tentang pemenuhan kebutuhan dan layanan sosial pada kelompok minoritas serta mampu melakukan pemberdayaan masyarakat," ujarnya.
 

Penilaian sebelum pemberian penghargaan dilakukan tim independen yang dibentuk oleh Lakpesdam PBNU. Tahapan penilaian melalui studi serta wawancara terhadap kerja dan keberhasilan yang sudah dicapai oleh Lakpesdam NU di berbagi daerah. 
 

"Lakpesdam NU Sampang dinilai bagus, terutama soal penyelesaian konflik sosial yang ujungnya menciptakan sejarah baru. Bisa memulangkan kembali para penyintas Syiah ke kampung halaman setelah 12 tahun terpisah dari tanah kelahiran," ungkap Faisol. 
 

Ia menyebutkan, penghargaan tingkat nasional ini menjadi motivasi bagi Lakpesdam PCNU Sampang untuk terus meningkatkan kerja-kerja yang berorientasi pada pemberdayaan dan kemaslahatan umat.
 

"Prestasi ini tentu tidak lepas dari kerja sama antar pengurus Lakpesdam PCNU Sampang. Jadi penghargaan ini kami persembahkan utama untuk para ulama dan kiai NU serta pengurus yang selama ini tetap solid dan tak kenal lelah," jelasnya. 
 

Selain itu, pihaknya bisa membuktikan bahwa kader NU Sampang mampu berdaya saing di tingkat nasional hingga menyabet penghargaan. Meskipun Sampang sebagai kota kecil dengan stigma kurang baik. 
 

 

"Alhamdulillah kami dipercaya, dan akan terus mengabdi demi kemaslahatan umat," pungkasnya.
 

Editor: Romza
 


Editor:

Madura Terbaru