• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Madura

Melaui Lokakarya, NU di Kepulauan Rancang Rencana Program Strategis

Melaui Lokakarya, NU di Kepulauan Rancang Rencana Program Strategis
Lokakarya yang diadakan MWCNU Nonggunong, Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep. (Foto: NOJ/ Abd Warits).
Lokakarya yang diadakan MWCNU Nonggunong, Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep. (Foto: NOJ/ Abd Warits).

Sumenep, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama (MWCNU) Nonggunong, Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep melaksanakan lokakarya perencanaan program sejak tanggal  08 hingga 19 September 2021. Kegiatan ini dipusatkan di dua tempat, yaitu di Pondok Pesantren Zainurridla Nonggunong dan Kantor MWCNU setempat.

 

Didampingi langsung oleh Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, Zainul Hasan, kegiatan ini diikuti oleh peserta Pengurus MWCNU, Ranting NU, Lembaga, Badan Otonom dan warga NU setempat.

 

KH Sihabuddin, Ketua MWCNU Nonggunong mengatakan, Lokakarya ini merupakan rangkaian kegiatan Pra Konferensi. Pasca kegiatan ini diharapkan lahir rumusan program kerja yang nanti akan dibawa ke arena Konferensi MWCNU Nonggunong pada tanggal 22 September 2021 untuk dibahas dan diputuskan.

 

“Di MWCNU Nonggunong memang sudah mentradisi sejak dulu, dalam penyusunan program kerja selalu melalui lokakarya terlebih dahulu dengan melibatkan para pemangku kepentingan. Sehingga apa yang kita programkan itu benar-benar sesuai dengan kebutuhan warga NU di Kecamatan Nonggunong,” katanya kepada NU Online Jatim.

 

Menurutnya, kegiatan ini merupakan keseriusan MWCNU Nonggunong dalam menyusun program kerja. Karena pihaknya mewajibkan kepada para peserta selama dua hari penuh berada di forum tersebut.

 

Zainul Hasan yang bertindak sebagai fasilitator mengatakan, perencanaan merupakan fungsi manajemen yang pertama dan terpenting dalam sebuah organisasi. Karena segala ide atau konsep untuk mencapai tujuan sebuah organisasi tertuang dalam perencanaan.

 

Melalui perencanaan, segala hal yang akan dilakukan bisa diukur dan diprediksi secara baik dan akurat.

 

“Perencanaan program yang kita lakukan ini bertujuan untuk membantu pencapaian visi dan misi NU, menjawab kebutuhan MWCNU dan membantu MWCNU bekerja lebih sistematis, terstruktur dan terukur,” katanya.

 

“Saya berharap apa yang dilakukan oleh MWCNU Nonggunong ini bisa dicontoh oleh MWCNU yang lain. Ini tradisi yang sangat baik untuk kemajuan jam'iyah. Mari kita menghargai proses dari pada hasil,” lanjut Alumni Pondok Pesantren Annuqayah tersebut.

 

Dalam kegiatan yang dilangsungkan selama dua hari ini, ada lima isu strategis MWCNU Nonggunong untuk 5 tahun ke depan.

 

Pertama, penguatankelembagaan. Kedua, pengembangan pendidikan, dakwah dan pengkaderan. 

 

Ketiga, pengembangan ekonomi dan kemandirian. Keempat, pelayanan kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup. Kelima, pengembangan seni dan budaya. Adapun isu strategis ini telah diturunkan menjadi beberapa program dan kegiatan.

 

 

“Jangan asal copy paste ketika buat sebuah perencanaan. Sesuaikan program itu dengan kebutuhan basis, bukan dengan keinginan satu atau orang yang merasa sok tahu kebutuhan basis. Libatkan para pemangku kepentingan,” ungkap Zainul Hasan.

 

Penulis: Abdul Warits

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru